Kecelakaan Bus Pariwisata di X Koto Dipicu Bola-bola Stir Putus

HALOPADANG.ID  – Track panjang dan menurun di Jalan Raya Padang Panjang-Bukittinggi, Nagari Koto Baru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar kembali diwarnai kecelakaan. Kali ini dialami satu unit bus pariwisata yang kecelakaan hingga menabrak tiga rumah warga di tepi jalan tersebut, Kamis (15/12/2022).

Kasat Lantas Polres Padang Panjang, Iptu Aldy Lazzuardy mengatakan, peristiwa kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 09.00 WIB. Selain rumah warga, bus pariwisata juga menabrak tiga unit sepeda motor hingga pejalan kaki.

“Kendaraan bus pariwisata ini dikemudikan oleh sopir bernama Meldi. Bus membawa 44 orang,” ujar Aldy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (15/12/2022).

Katanya, bus naas itu datang dari arah Bukittinggi menuju arah Padang Panjang. Sesampai di tempat kejadian, diduga bola-bola setir bus putus.

“Sehingga kendaraan yang mengangkut puluhan wisatawan itu hilang kendali dan keluar badan jalan hingga menabrak bibir parit dan juga tiga unit rumah warga serta tiga unit motor yang sedang parkir,” tutur Aldy.

“Akibatnya dua pejalan kaki bernama Asrul, Firman Ilahi dan M Iqbal mengalami luka-luka,” katanya.(HP-002)