Balai Karantina Pertanian Padang: Budidaya Maggot Sangat Menjanjikan

Balai Karantina Pertanian Padang: Budidaya Maggot Sangat Menjanjikan

HALOPADANG.ID – Karantina Pertanian Padang menggelar bimbingan teknis akselerasi ekspor pertanian. Ini merupakan bimtek yang ketiga kalinya digelar Karantina Pertanian Padang. Bimtek ini diikuti oleh 100 peserta yang terdiri dari petani di Sumbar.

Kegiatan tersebut dilakukan bersama Komisi IV DPR RI, dalam rangka memacu dan memotivasi para masyarakat petani untuk dapat mengembangkan budidaya Maggot yang memiliki potensi ekspor.

Kepala Karantina Pertanian Padang Iswan Haryanto mengatakan peluang bisnis komoditas maggot sangat menjanjikan, mengingat tingginya permintaan di dalam negeri bahkan luar negeri.

“Harapan kita dengan kegiatan ini dapat membuat tren positif terhadap perekonomian masyarakat,” ujar Iswan, Minggu (4/12/2022).

Dalam bimtek ini, Karantina Pertanian Padang mendatangkan narasumber dari Barantan yaitu Sri Endah Ekandari, Koordinator Keamanan Hayati Hewani dan Deni Mahesarani dari Komunitas maggot Sumbar.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI Hermanto yang hadir dalam bimtek tersebut mengatakan bimtek ini merupakan wujud kekompakan DPR RI dengan pemerintah yakni dengan Barantan melalui Karantina Pertanian Padang.

Harapannya dengan bimtek ini semua peserta dapat menyerap ilmu dari narasumber sehingga dapat diterapkan sebagai peluang usaha memajukan perekonomian di Sumbar. (HP-001)