TNI-Polri Gelar Latihan Bersama di Dharmasraya tentang Penanganan Bencana

HALOPADANG.ID – Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah, S.I.K membuka latihan gabungan TNI-POLRI dalam rangka penganan Bencana Alam di lapangan Mako Polres Dharmasraya, Selasa, (22/11/2022).

Latihan Gabungan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan personel TNI-POLRI dalam menangani peristiwa bencana alam, terutama bagi personil yang Dinas di daerah rawan bencana Alam di wilayah Kabupaten Dharmasraya.

Peserta latihan Gabungan terdiri dari personel Sat Samapta Polres Dharmasraya, TNI ( Bhabinsa), Bhabinkamtibmas dan BPBD Kabupaten Dharmasraya.

Sebagai pemateri di bidang PPHD disampaikan oleh Dr. Debi Afri Amdani dan Materi SAR disampaikan oleh Tim BPBD Kabupaten Dharmasraya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Dharmasraya mengucapkan terima kasih kepada pemateri dalam kegiatan Latihan Gabungan TNI – Polri untuk simulasi Penanganan Bencana Alam, mengingat Cuaca Ekstrim sering terjadi dan itu membutuhkan kesiap siagaan personil kita bersinergi dengan TNI dalam penanggulangan bencana.

Lebih lanjut kapolres menyampaikan Bencana adalah suatu kejadian tak terduga, dapat terjadi kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja. mengakibatkan kerusakan, kerugian harta benda . bencana juga dapat mengganggu dan mengancam kehidupan manusia yaitu mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, dampak psikologis serta dampak kesehatan lainnya.

Kabupaten Dharmasraya dianggap sebagai wilayah yang rawan potensi ancaman bencana baik berupa banjir, tanah longsor, dan bencana lainnya.

Kapolres juga berpesan kepada para peserta pelatihan, agar mengikuti pelatihan Gabungan penanganan ini dengan serius dan menyerap semua materi yang diberikan.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan peragaan dan simulasi oleh tim SAR Polres Dharmasraya. Kegiatan latihan Gabungan ini juga dihadiri Danramil 0310 Koto Baru Peltu Agus Rinalto, Kasat Sabhara Polres Dharmasraya Iptu Sainol. S, S.H, Tim BPBD Kab. Dharmasraya, Personil TNI personil Polres Dharmasraya.(HP-001)