Anies Baswedan Serahkan Belasan Damkar Bekas Layak Pakai, Salah Satunya untuk Padang Pariaman

HALOPADANG.ID – Pemerintah Daerah Kabupaten Padang Pariaman menerima hibah 1 unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Mobil Damkar yang dihibahkan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kepada Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, bertempat di Balai Agung Balai Kota Jakarta, pada Rabu (5/10).

Gubernur DKI Anies Baswedan, dalam sambutannya mengatakan, mobil Damkar dihibahkan kepada 14 daerah. Ia mengharapkan, mobil Damkar yang dihibahkan dapat dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya oleh pemerintah daerah penerima hibah.

“Penghibahan mobil operasional Damkar ini tujuannya adalah untuk melayani masyarakat Indonesia terkhusus dalam menanggulangi bencana kebakaran di masing-masing Kabupaten/Kota penerima hibah. Mobil yang kita berikan memang tidak baru namun dipastikan masih dalam keadaan layak operasional karena dirawat rutin setiap tahunnya,“ ungkapnya.

Baca Juga :  Dukung PMN PLN Rp 10 T, Andre Rosiade Minta Pemerataan Listrik di Pasaman

Sementara itu, didampingi Ketua TP PKK Yusrita, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengucapkan terima kasih pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta khususnya kepada Gubernur DKI Anies Baswedan.

“Alhamdulillah, atas nama pemerintah dan masyarakat Padang Pariaman mengucapkan terimakasih pada Bapak Anies Baswedan atas hibah mobil Damkar ini. Dengan pemberian ini, armada mobil pemadam kebakaran Padang Pariaman bertambah menjadi 7 unit.“ ujarnya yang juga didampingi oleh Kadis Satpol PP Damkar Syofrion M.

Kemudian Suhatri Bur yang juga didampingi Kadis Kominfo Zahirman menyampaikan bahwa Kabupaten Padang Pariaman sudah sering mendapat bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini, katanya, karena hubungan baik dan komunikasi yang selalu terjalin antara Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia menyebut, pada tahun 2020 Padang Pariaman juga menerima hibah lampu penerangan jalan sebanyak 3.000 unit.

Baca Juga :  Riau Berurusan dengan KPK Lagi, Pejabat Setempat Kembali Ditahan

“Tadi, secara lansung Bang Anies juga mengatakan kepada saya, Pemerintah Provinsi DKI akan memberikan hibah lainnya pada Kabupaten Padang Pariaman dalam tahun ini,” ungkap Suhatri Bur.

Selanjutnya, Kepala Dinas Satpol.PP Damkar Syofrion mengatakan pada media, sebelum menerima hibah mobil Damkar ini, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman memiliki 6 unit mobil Damkar. Jumlah tersebut menurutnya, masih sangat kurang karena selain luasnya wilayah Padang Pariaman, juga sebagian armada kondisinya tidak begitu baik dan usianya sudah tua.

“Hanya 1 unit mobil Damkar yang kondisinya baik yaitu pengadaan tahun 2022. Idealnya Kabupaten Padang Pariaman memiliki armada mobil pemadam kebakaran sebanyak 15 unit.” ungkap mantan Ketua KNPI ini

Baca Juga :  Sepanjang Minggu Kemarin, Muntahan Abu Semeru Capai Radius 7 Kilometer

Adapun mobil Damkar hibah yang diterima bersama 14 Pemerintah Daerah lainnya, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menerima mobil bermerek Hino dengan kapasitas tangki 4.000 liter dalam kondisi baik dan layak pakai. (HP-003)