Setelah Wali Kota se-Indonesia, Giliran Apkesmi se Indonesia Berkegiatan di Padang

Foto aerial sejumlah wisatawan menikmati puncak Gunung Padang di Padang, Sumatera Barat, Minggu (14/1). Data Pemkot Padang, selama tahun 2017 tingkat kunjungan wisata meningkat 29 persen dengan jumlah kunjungan sebanyak 3,6 juta wisatawan dan tahun 2018 ditargetkan mencapai 3,8 juta wisatawan. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc/18.

HALOPADANG.ID – Setelah sukses menyelenggarakan kegiatan APEKSI, yang dihadiri oleh puluhan walikota seluruh Indonesia, Kota Padang kembali akan menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional.

Kali ini seluruh kepala puskesmas se-Indonesia akan datang ke Kota Padang guna mengikuti kegiatan Semiloka yang diselenggarakan oleh Akselerasi Puskesmas Seluruh Indonesia (APKESMI), pada tanggal 24-27 Oktober 2022 mendatang.

Ketua APKESMI Provinsi Sumatera Barat dr Winanda MARS mengatakan, kegiatan Semiloka yang akan di gelar di Kota Padang merupakan kegiatan Semiloka kedua, setelah sebelumnya diselenggarakan di Kota Bandung Jawa Barat.

“Kegiatan rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi, serta dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah,” kata Winanda saat diwawancara, Senin (26/09/2022).

Baca Juga :  Jamaah Haji Kloter Sumbar Meninggal Dunia, Andre Rosiade Berduka

Kegiatan Semiloka ini bertujuan mewujudkan transformasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), terutama di bidang akreditasi, BLUD dan kompetensi dari para kepala puskesmas.

Winanda menjelaskan, sekitar 500-700 orang diperkirakan akan hadir pada kegiatan yang mengangkat tema mendukung transformasi yang telah dicanangkan Kementrian Kesehatan RI.

Semiloka sendiri menurut Winanda akan diisi dengan berbagai kegiatan antara lain seminar, workshop pembuatan akreditasi, workshop Pengawasan Pengendalian Infeksi (PPI), serta BLUD.

Pada kegiatan ini juga akan tampil sebagai pembicara Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, terkait peran lintas sektor terhadap program Puskesmas, terkait akreditasi, BLUD dan peningkatan kompetensi kepala puskesmas.

“Kita harapkan, dengan penyelenggaraan Semiloka ini, teman-teman kepala puskesmas dapat lebih berjibaku lagi guna meningkatkan akreditasi, sehingga mencapai pelayanan paripurna,” tutup Winanda mengakhiri wawancara. (HP-002)

Baca Juga :  Bedah Rumah, Pekerja Serabutan tak Mengira dapat Perhatian Pemko Padang