Gempa Bermagnitudo 4.5 Guncang Pasaman Rabu Pagi

HALOPADANG.ID – Segmen gempa di Pasaman Barat, tepatnya segmen Talamau kembali bergetar setelah mengguncang kawasan ini Februari 2022 silam. Akibatnya, kawasan tersebut kembali diguncang gempa dengan magnitudo 4.5 yang cukup mengagetkan warga sekitar.

Gempa tersebut terjadi pada pagi ini, Rabu (28/9/2022) sekitar pukul 10.46 WIB. Dirilis dari BMKG, gempat tersebut dilaporkan berpusat koordinat 0.17 LU dan 99.86 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 12 km Timur Laut Pasaman Barat

BMKG juga melaporkan gempat tersebut bersumber pada kedalaman 10 km dan tergolong gempa dangkal. Hal ini disampaikan BMKG setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya akibat sesar aktif segmen Talamau.

Gempa ini sendiri tergolong tak terlalu kuat. Di Padang juga tidak dilaporkan adanya getaran sehingga tak dirasakan warga. Sementara di sekitar lokasi, baik di Pasaman Barat maupun di Pasaman, guncangannya tergoolong pada II-III MMM sehingga getaran yang dirasakan seakan-akan truk tengah melintas di jalan depan rumah warga. (HP-003)