Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Serentak, Pemprov Diminta Siapkan Pj Terlebih Dahulu

  • Bagikan
Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Serentak, Pemprov Diminta Siapkan Pj Terlebih Dahulu 1

HALOPADANG.ID — Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar, Iqbal Ramadi Payana mengatakan, Mendagri meminta Gubernur Sumbar untuk menyiapkan nama dan mengusulkan penjabat (pj) bupati/walikota di 13 daerah di Sumatera Barat ke Mendagri. Selanjutnya, 13 nama tersebut akan ditetapkan sebagai pj. kepala daerah.

“Rencananya pelantikan dilakukan serentak seluruh Indonesia. Jadi, hal itu juga disampaikan secara tertulis Gubernur provinsi lain yang kabupaten/kota-nya melaksanakan Pilkada serentak 9 Desember 2020 silam,” kata Iqbal.

Ia menyebutkan, khusus di Sumbar, Dari 13 kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada serentak, delapan daerah sudah ditetapkan oleh KPU di daerah masing-masing. Delapan daerah tersebut,bahkan juga sudah diparipurnakan. Hasil ini, sudah disampaikan Pemprov kepada Mendagri terkait dengan hasil Pilkada serentak yang sudah ditetapkan KPU masing-masing.

Delapan daerah itu adalah Pasaman, Pasbar, Bukittinggi, Agam, Tanah Datar, Dharmasraya, Solok Selatan dan Kota Solok. Pemenang Pilkada di delapan daerah ini sudah ditetapkan KPU masing-masing.

Masih ada lima daerah lain yang bersengketa di Mahkamah Konstitusi, masing-masing Padang Pariaman, Limapuluh Kota, Sijunjung, Kabupaten Solok dan Pesisir Selatan. Jadi hasil Pilkadanya belum ditetapkan KPU masing-masing. (HP-001)

  • Bagikan