Heboh Logo Spanduk HUT RI ke-75 Disebut Mirip Salib, Ini Komentar Aa Gym

Foto Suara.com

HALOPADANG.ID — Spanduk HUT ke-75 Republik Indonesia (RI) bikin heboh. Banyak yang menyebut dalam spanduk itu ada tanda salib.

KH Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), bahkan ikut menyoroti hal tersebut. Ia juga mengungkap pendapatnya di Instagram.

“SANGAT BISA DIMAKLUMI bila jadi PERBEDAAN PENDAPAT
Melihat spanduk resmi pemerintah untuk 17 agustus 2020 ini
Karena memang sekilas seperti ada tanda salib yang besar..
Juga harus kita maklumi bila ada yang mempertanyakan..dan protes.
Juga bisa dimaklumi bila ada yang semangat 17 an nya jadi berkurang.. Karena merasa kurang nyaman..” tulisnya.

Setelah tulisan itu, Aa Gym juga tak lupa mengingatkan untuk tetap berbaik sangka. Menurutnya, alangkah lebih bagus kita untuk tetap berbaik sangka.

“Walau kita berbaik sangka tak ada niat tak adil dibalik semua ini. Namun bisa jadi pelajaran, bagi kita semua, dalam situasi banyak masalah seperti sekarang ini, seyogyanya semua pihak berpikir berlapis lapis, bijaksana dan sangat peka terhadap peluang terjadinya masalah baru Yang tak perlu,” tuturnya.

“Semoga ulang tahun ke 75 ini, bangsa kita semakin adil dan dewasa serta diberkahi Alloh Pencipta kita semua.. aamiiin

Tetap jaga kerukunan dan rasa persaudaraan dalam keberagaman di negeri yang kita cintai ini yaa,” pesan Aa Gym di akhir postingannya.

Spanduk tersebut dianggap berbentuk salib pada bagian sisi kanan. Ada kumpulan desain kotak-kotak bergaris yang susunannya dianggap menyerupai salib.

Protes tersebut awalnya diserukan oleh ormas Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS). Akan tetapi, Sekretaris Kemensetneg Satya Utama sudah memberikan penjelasan dan menegaskan logo itu sudah sesuai dengan pedoman visual penggunaan logo peringatan HUT ke-75 RI.

Logo yang dianggap menyerupai bentuk salib itu disebut supergraphic. Supergraphic dijelaskan terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekontruksi logo 75 tahun yang dipecah menjadi 10 bagian.

Mengutip Detikcom, Kemensetneg menjelaskan, makna desain sudah tercantum di berkas ‘Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 & Pedoman Visual Penggunaan’ yang dapat diunduh di situs setneg.go.id.