Geger Penambahan Positif Corona Hari Ini, Pemerintah Ingatkan soal Mikrodroplet Melayang di Udara Cukup Lama

Ilustrasi penularan Corona

HALOPADANG.ID — Penambahan kasus positif Corona di tanah air per hari ini bertambah sebanyak 2.657, sehingga total menjadi 70.736 orang. Pemerintah mengingatkan adanya mikrodroplet yang berukuran kecil dapat bertahan di udara cukup lama.

“Kita tahu bahwa penularan penyakit ini dari droplet orang yang sakit. Dan kita tahu droplet ini ada yang ukuran kecil yang kita sebut mikro-droplet, yang memiliki waktu cukup lama untuk bisa hilang dari lingkungan, terutama pada wilayah yang tertutup dengan ventilasi yang tidak terlalu baik. Maka mikro-droplet ini akan melayang-layang dalam waktu relatif lama,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di akun YouTube BNPB, Kamis (9/7/2020).

Yuri mengatakan pentingnya disiplin mematuhi protokol pencegahan COVID-19 dengan rutin masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Hal itu untuk mencegah penularan virus Corona.

“Oleh karena itu saudara-saudara, satu gunakan masker, apapun alasannya. Gunakan masker karena ini melindungi kita. Yang kedua, menjaga jarak. Jaga jarak yang aman. Kemudian sering dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun,” kata Yuri.

Yuri mengingatkan masyarakat untuk memastikan ruangan kerjanya atau ruangan tetap terdapat sirkulasi udara yang baik. Selain itu bagi pengendara mobil untuk dapat membuka jendela sehingga bisa mengatur sirkulasi udara di mobilnya dengan baik.

“Kemudian sebisa mungkin kalau akses untuk bisa mendapatkan udara segar dari luar bisa dilakukan, lakukan itu. Hal yang serupa juga di kendaraan kita,” kata Yuri.

“Oleh karena itu sempatkan setiap hari di pagi hari untuk membuka semua jendela mobil dan beri kesempatan untuk udara ada di ruangan tergantikan dengan udara baru, yang berasal dari luar dan setelah itu baru kita tutup agar tidak kita berada di satu lingkungan udara yang tidak pernah tergantikan terjebak di ruang terbatas dengan AC yang tersirkulasi di dalamnya,” sambungnya.

Diketahui, hari ini kembali pecah rekor penambahan kasus baru virus Corona (COVID-19), yang didominasi karena klaster dari Sekolah Calon Perwira (Secapa) TNI AD di Bandung, Jawa Barat. Per 9 Juli 2020, total kasus Corona di Indonesia ada 70.736.