Lestarikan Batang Sumpahan Sawahlunto, Warga Tebar Bibit Ikan

bibit ikan
Warga RW 003 Pondok Batu Kelurahan Pasar, gotong royong membersihkan Batang Sumpahan, yang nantinya juga akan diisi ikan, sebagai upaya menjaga kelestarian alam dan habitat di sekitanya.Ist

HALOPADANG.ID-Peduli terhadap lingkungan dengan aksi nyata diwujudkan masyarakat RW 003 Pondok Batu Kelurahan Pasar Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, gotong royong membuat check dam di Batang Sumpahan. Check dam diupayakan sebagai media budidaya dan pelestarian ikan di Batang Sumpahan nantinya.

Lurah Pasar, Donny Ikhsan mengatakan, aliran Batang Sumpaham disekitar RW 003 Pondok Batu tersebut akan diisi ikan oleh warga sekitar.

“Selain sebagai budidaya dan pelestarian ikan juga upaya menjaga habitat serta kebersihan lingkungan,” katanya, Minggu (21/8).

Adapun bibit ikan nantinya sebut Donny didapat dari Balai Benih Ikan (BBI) di Kecamatan Silungkang. Dirinya lanjut Donny, sangat mengapresiasi kerjasama dan kreativitas warga tersebut, yang berupaya menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan juga berpikir untuk menjaga kelestarian alam.

“Nantinya, ikan tersebut juga dapat sebagai salah satu upaya dalam menjaga ketahanan pangan, terlebih disaat normal baru pandemi Covid – 19 yang masih terjadi saat ini,” katanya.

Donny menilai, kegiatan yang hadir dari kesadaran masyarakat seperti ini, sangatlah baik dan patut diapresiasiasi serta didukung sepenuhnya. Banyak manfaat yang didapat jika semua dikerjakan secara bersama, secara ikhlas dan juga muncul dari kesadaran masing – masing. Dengan bersama lanjutnya, silaturahmi antar warga akan terus terjalin, kegiatan gotong royong yang melibatkan aktivitas fisik juga sangat baik bagi kesehatan.

“Dan yang tak kalah pentingnya, kemauan untuk menjaga habitat dan juga kelestarian alam untuk diwariskan kepada generasi penerus selanjutanya,” ujarnya.(J-01)