DP3AP2KB Kota Padang Beri Penyuluhan Ketahanan Keluarga Bagi Remaja Padang Selatan

HALOPADANG.ID – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, menggelar kegiatan Ketahanan Berbasis Keluarga, bagi remaja yang ada di Kecamatan Padang Selatan, Jumat (23/9/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Pertemuan KB Kecamatan Padang Selatan diikuti oleh perwakilan remaja dari Kampung KB yang ada di Kecamatan Padang Selatan.

Koordinator lapangan (Korlap) KB Kecamatan Padang Selatan, Reno Pujiani mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi terhadap remaja akan pentingnya ketahanan keluarga, guna menciptakan remaja menjadi generasi berkualitas serta berencana.

“Remaja sebagai aset bangsa, harus memiliki dasar dan pondasi yang kokoh, sehingga nantinya remaja bisa menjadi pemimpin keluarga dan bangsa,” ujar Reno.

Baca Juga :  Andre Rosiade Bantu Pekerja Percetakan Penderita Diabetes di Kuranji

Selain itu lanjut Reno, remaja juga harus bisa merencanakan masa depan mulai dari sekarang, termasuk merencanakan usia pernikahan, sehingga tidak lagi terjadi pernikahan usia anak yang dapat berdampak buruk, baik terhadap orangtua maupun anak yang dilahirkan nantinya.

Reno menjelaskan, pembinaan remaja harus dimulai dari keluarga, bagaimana mereka bisa mendapatkan edukasi dan bimbingan, sehingga dapat memfilter pengaruh negatif dari pergaulan, perkembangan teknologi maupun masuknya budaya asing.

“Untuk itulah, para remaja kita rasa perlu untuk mengetahui dan memahami delapan fungsi keluarga, agar menjadi benteng bagi diri mereka,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya edukasi, bimbingan serta peran orang tua maupun dukungan semua pihak, dapat melahirkan generasi muda yang betul-betul menjadi bonus demografi Bangsa Indonesia pada 2045. (HP-001)

Baca Juga :  Calon Jemaah Haji Tes Kebugaran, Diminta Berjalan Atau lari Hingga 1,6 Km