Jokowi Resmikan Ruas Tol Cibitung – Cilincing dan Serpong – Balaraja

HALOPADANG.ID – Ruas jalan tol Cibitung – Cilincing dan Serpong – Balaraja Seksi I resmi beroperasi pada Selasa (20/9/2022).

Beroperasinya kedua ruas jalan tol tersebut, diyakini akan mempercepat mobilitas barang dari kawasan industri ke fasilitas pelabuhan. Sehingga, dapat memperkuat daya saing produk lokal terhadap produk asing.

“Mempermudah mobilitas barang dan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia di luar negeri,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika memberikan keterangan pers saat peresmian dua ruas tol tersebut.

Secara rinci, lanjut Presiden Jokowi, adanya ruas tol Cibitung-Cilincing sepanjang 27,2 kilometer (km) akan membuat arus pengiriman logistik antara wilayah industri di Jawa Barat dan Jakarta menjadi semakin cepat. Melalui infrastruktur itu, langsung terhubung dengan fasilitas pelabuhan.

“Sangat cepat dengan jalan tol Cibitung-Cilincing karena menyambungkan wilayah industri dengan pelabuhan yang ada di Jakarta Utara,” kata Presiden.

Selanjutnya, rampungnya ruas tol Serpong – Balaraja Seksi I sepanjang 5,1 km juga makin melengkapi jaringan tol lingkar luar Jakarta termasuk dapat mempercepat pula arus logistik di kawasan industri di Banten.

“Memberikan pelayanan terhadap truk kontainer barang-barang yang akan diekspor,” kata Presiden. (HP-002)