Besok, Almarhum Azyumardi Azra akan Dimakamkan di TMP Kalibata

HALOPADANG.ID – Almarhum Azyumardi Azra direncanakan akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan. Proses pemakaman jenazah Ketua Dewan Pers itu akan dilakukan setelah Jenazah tiba di Indonesia pada Senin (19/9/2022) malam.

Menurut anggota Dewan Pers, Arif Zulkifli almarhum akan dimakamkan di Blok Z Nomor 426 TMP Kalibata pada Selasa (20/9/2022). Namun, ketika ditanyakan waktunya, Arif belum bisa memastikan.

“Soal pemakaman, akan dilakukan di TMP Kalibata. Jamnya belum ada kabar,” katanya yang dirilis kompas.

Dijelaskannya, sebelum dimakamkan, almarhum akan disemayamkan di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, Jakarta.

Diketahui, Azyumardi Azra meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif karena alami serangan jantung di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, Minggu (18/9/2022), pukul 12.30 waktu setempat.

Kabar meninggalnya Azyumardi Azra disampaikan Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Malaysia Hermono “Betul, sekitar pukul 12.30 WKL (waktu Kuala Lumpur),” katanya.

Kehadiran Azyumardi Azra di Malaysia dalam rangka memenuhi undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September.

Presiden ABIM Muhammad Faisal Abd Aziz saat ditemui di Rumah Sakit Serdang pada Jumat (16/9/2022) sore mengatakan, Azyumardi Azra akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut. Beberapa pembicara lainnya berasal dari Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam. (HP-002)