Hebat, Nagari Bayua Juara 1 Lomba Desa Aman Pangan Tingkat Nasional

HALOPADANG.ID – Salah satu nagari di Kabupaten Agam kembali menorehkan prestasi membanggakan di tingkat nasional.

Kekinian, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya dinobatkan sebagai terbaik pertama pada lomba Desa Pangan Aman yang diselenggarakan BPOM RI.

Informasi tersebut dibenarkan Sekretaris Daerah Agam, Drs H Edi Busti, MSi pada Kamis (8/9) di Lubuk Basung.

Dikatakan, berdasarkan keputusan BPOM RI per 5 Agustus lalu, Nagari Bayua sukses menjadi yang terbaik pada lomba desa aman pangan tingkat nasional tahun 2021.

“Dijadwalkan pada 15 September mendatang, Pemerintah Kabupaten Agam melalui Pemerintahan Nagari Bayua akan menerima apresiasi ini di Bali,” ujarnya.

Sekda menjelaskan, Program Desa Pangan Aman merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung pangan yang aman dan bermutu serta untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjamin keamanan dan mutu pangan.

“Program BPOM yang melibatkan desa atau nagari ini secara substansi bertujuan agar terciptanya kemandirian dalam menyiapkan sumber daya dalam mewujudkan keamanan pangan yang meliputi produksi, peredaran, serta konsumsi pangan aman di wilayahnya secara berkelanjutan,” terang Sekda.

Atas prestasi yang diraih, Sekda memberikan apresiasi yang tinggi kepada stakeholder yang terlibat dalam menyokong Nagari Bayua hingga menjadi terbaik pertama tingkat nasional.(HP-003)