Asli asal Bukittinggi, Ini Asal Usul Kolonel Andike yang Didaulat Jadi Komandan Upacara 17 Agustus di Istana Negara

HALOPADANG.ID – Ada yang istimewa pada pelaksanaan Upacara Peringatan Detik-detik Kemerdekaan RI ke 77 tahun ini, terkhusus bagi masyarakat Bukittinggi. Saat MC mengumumkan nama-nama pelaksana upacara, tersebut nama Komandan upacara tersebut adalah Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia yang ternyata kelahiran Bukittinggi.

Ia asli kota wisata itu. Ia berasal dari Kurai, sebuah daerah yang dianggap sebagai leluhurnya rang bukik. Kabar ini merebak cepat dan ikut ditanggapi Wali Kota Bukittinggi Erman Safar.

Selepas mengikuti upacara detik-detik Proklamasi di rumah dinas Wali Kota Bukittinggi, ia mengakui yang menjadi komandan upacara di Istana Negara Republik Indonesia bersama Bapak Jokowi kelahiran Bukittinggi

“Dari informasi Pak Ketua DPRD (Bukittinggi), ternyata Komandan Upacara di Istana itu kakak kelas beliau. Saat belia, mereka sama-sama tinggal di Asrama Kodim,” katanya.

Sang kolonel yang kini merupakan lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut pada tahun 1993. Jabatannya saat ini adalah sebagai komandan pusat pendidikan pelaut atau disingkat menjadi Danpusdikpel.

Danpusdikpel sendiri berperan sebagai koordinator atau ketua dalam pelaksanaan pendidikan para pelajar pemula angkatan laut secara mental, fisik dan suatu saat dapat ditugaskan mengarungi laut dengan kapal perang, kapal darurat sekoci dan lain sebagainya.

Kolonel cemerlang ini semasa remaja menghabiskan pendidikannya sejak pendidikan dasar hingga menengah di Bukittinggi. Ia tercatat sebagai alumni SMA 2 Birugo di Jalan Jenderal Sudirman, SMP 1 Bukittinggi dan SD 25 Bukittinggi dan TK Bhayangkari. (HP-002)