Pesta Budaya Tabuik, Wako: Jadikan Ajang Pemersatu

HALOPADANG.ID – Hari Puncak Tabuik dihoyak dalam acara Pesona Budaya Hoyak Tabuik 2022, pada tanggal 16 Muharam 1444 H atau 14 Agustus 2022, diawali dengan prosesi “Tabuik Naiak Pangkek” antara duo tabuik yang akan dihoyak, yaitu tabuik subarang dan tabuik pasa.

Prosesi tabuik naiak pangkek tersebut dilaksanakan di simpang tabuik kampung cino untuk tabuik subarang, dan untuk tabuik pasa dilaksanakan di depan pasar rakyat Kota Pariaman.

Hadir dalam acara tersebut Wali Kota Pariaman Genius Umar, didampingi oleh Asisten II Elvis Chandra, Kadis Dikpora Kota Pariaman, Inspektur, Kadis Arsip Perpustakaan, dan Kalaksa.

Saat diwawancarai Tim Peliput MCP Diskominfo Kota Pariaman di lokasi acara, Minggu (14/8), Genius sampaikan bahwa, prosesi tabuik naiak pangkek ini merupakan proses untuk menggabungkan seluruh aksesoris tabuik dengan segala pernak perniknya ke badan tabuik, seperti buraq, sayap, ekor, dan bungo salapan, sehingga menjadi tabuik seutuhnya yang siap dihoyak jelang dibuang kelaut.

“Dapat kita lihat pengunjung sangat banyak memenuhi semua badan jalan, untuk melihat proses tabuik naiak pangkek tersebut, apalagi menjelang siang hingga sore nanti, pengunjung akan semakin ramai datang ke Kota Pariaman, untuk menyaksikan tabuik dihoyak sampai tabuik dibuang ke laut menjelang senja nanti”, jelas Genius Umar.

Beliau menerangkan, tabuik adalah salah satu arena pariwasata kita, lambang pemersatu masyarakat Kota Pariaman, dan momentum bagi Kota Pariaman untuk mengembangkan pariwisata lebih baik lagi ke depannya.

Dalam acara ini banyak tamu yang datang, baik itu wisatawan domestik dan juga mancanegara yang ingin mengetahui seperti apa tabuik tersebut, hingga menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu olah masyarakat banyak setiap bulan muharram tiba.

“Dengan banyaknya tamu yang datang, mari kita saling menjaga ketertiban dan kebersamaan, untuk menjaga nama baik daerah. Mudah-mudahan dengan adanya momentum tabuik ini, pariwisata Kota Pariaman semakin baik, dan masyarakat Kota Pariaman semakin kompak, untuk membangun Kota Pariaman lebih maju lagi dalam segala hal”, tegas Genius menutup wawancaranya. (HP-002)