Wali Kota Metro Kunjungi Pariaman Usai Kegiatan Rakernas Apeksi di Padang

HALOPADANG.ID – Usai menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke XV di laksanakan di Kota Padang, Walikota Pariaman, Genius Umar menerima kunjungan dari Walikota Metro, dr. Wahdi, Sp.OG (K) beserta Ketua TP-PKK Kota Metro, Ny. dr. Silfia Naharani, Sp.KKLP dan rombongan Pemerintah Kota Metro Provinsi Lampung di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman, Senin (8/8).

Kunjugan tersebut dalam rangka silaturahmi dan kunjugan kerja Pemerintah Kota Metro dan rombongan dengan Pemerintah Kota Pariaman.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa kami sangat senang dikunjungi oleh Walikota Metro dan rombongan, yang membawa beberapa kepala OPD untuk berdiskusi dan sharing informasi tentang bagaiman membangun daerah masing-masing antara Pemko Metro dengan Pemko Pariaman.

“Beliau menganggap Pemerintah Kota Pariaman cukup berhasil melakukan beberapa kegiatan dibeberapa bidang. Hal ini tentu juga menjadi kesempatan bagi kita untuk sharing pengalaman dari daerah tersebut”, ulasnya.

Genius Umar juga menuturkan bahwa sebetulnya walikota seluruh Indonesia ini adalah untuk menghadiri Rakernas Apeksi di Kota Padang, tetapi beberapa walikota melakukan studi tiru ke Kota Pariaman. Sudah empat walikota yang sudah datang diantaranya Walikota Lhokseumawe, Walikota Binjai, Walikota Jambi dan hari ini adalah Walikota Metro.

“Dari empat walikota tersebut, tujuan datang ke Kota Pariaman adalah program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) dan pelayanan dibidang kesehatan. Selain itu, bagaimana kita melakukan singkronisasi program antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat”, terangnya.

Lebih lanjut, Genius Umar juga menjelaskan bahwa yang bisa kita tiru dari Walikota Metro adalah pendataan stunting melalui elektronik.

“Melalui via gawai saja sudah bisa mengevaluasi terhadap anak-anak, apakah anak tersebut stunting atau tidak. Ini akan kita lakukan di Kota Pariaman dan segera melakukan kunjugan balasan ke Kota Metro.

Sementara itu, Walikota Metro, dr. Wahdi, Sp.OG (K) mengatakan bahwa Kota Metro adalah kota jasa dan perdagangan yang sudah berusia 85 tahun.

“Pemerintah Kota Metro lebih memprioritaskan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat”, ucapnya.

“Saya ingin juga mencontoh dan sharing apa yang telah dilakukan Kota Pariaman dan nantinya juga bisa diterapkan di Kota Metro“, tutupnya.(HP-002)