Gawat, Tangkapan Pol PP Padang ada Yang Terdeteksi Mengidap HIV

HALOPADANG.ID – Sepanjang tahun 2022, Pol PP Kota Padang tergolong rutin menggelar razia pekat (penyakit masyarakat). Oleh petugas, sebanyak 130 orang yang terjaring, mengikuti skrining alias pemeriksaan darah, dimana 58 adalah laki-laki dan sisanya, 72 orang perempuan.

Dari hasil skrining tersebut, petugas menemukan enam orang yang mengidap penyakit menulai lainnya (PML). Bahkan ada dua orang positif Human Immunodeficiency Virus tau HIV, yakni seorang waria dan seorang gay.

Menurut Kasat Pol PP Padang, Mursalim, skrining darah itu selalu dilakukan skrining darah dengan dukungan Dinas Kesehatan Kota Padang.

Saat ini, kata Mursalim, Satpol PP Padang saat ini tengah fokus melakukan skrining darah kepada anak jalanan yang diamankan warga karena kumpul kebo Waria, LSL, PSK. Selain itu, mereka juga memeriksa pasangan yang tertangkap di hotel dan penginapan serta pasangan ilegal.

“Hal ini kami laksanakan untuk mendeteksi HIV sedini mungkin. Semoga ini bisa menjadi upaya pencegahan dan dilanjutkan dengan perawatan hingga pengobatan HIV bagi mereka yang terduga menjadi penderita,”kata mantan Kadispora Kota Padang ini. (HP-002)