Andre Rosiade Bantu Modal Rumah Makan yang Nyaris Bangkrut di Lubuk Minturun, Padang

HALOPADANG.ID – Zulva Octaviodes Oka sudah habis akal untuk terus menjalankan usaha rumah makannya “Ampera Cahaya Baru” di Bypass Simpang Lubuk Minturun, persis di sebelah Puskesmas KPIK, Kototangah, Padang. Sebulan buka usaha, belum tampak tanda-tanda pergerakan usaha, sementara modal tidak seberapa, belum lagi sewa tempat.

Oka, begitu sapaan akrabnya memang baru memulai rumah makan pascakondisi usaha sebelumnya yang tak bisa diandalkan lagi. Biasanya, dia bersama timnya adalah kontraktor di Pemko Padang. Namun, seiring bertukarnya kepemimpinan dan pandemi COVID-19, usaha pengadaan atau pembangunannya tak berjalan baik.

“Saya punya tanggungan anak yang masih sekolah dan kuliah, jadi harus bekerja keras. Kebetulan ada kedai di Bypass ini yang dulunya disewa kakak ipar saya ditinggalkan. Saya coba ambil alih dengan perjanjian bayar sisa kontrak. Usaha rumah makan jadi pilihan, karena lokasinya bagus dan saya punya tukang masak yang bagus,” kata Oka yang juga dikenal sebagai politisi Kota Padang sejak belasan tahun terakhir.

Di tengah rasa hampir putus asa itu, Oka mencoba peruntungan menghubungi anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade. Dia sering melihat, Ketua DPD Gerindra Sumbar itu membantu usaha banyak orang di Kota Padang dan Sumbar. “Saya coba kirim WA kepada Pak Andre, alhamdulillah dibalas dan dibantu,” kata Oka saat didatangi pengurus DPD Gerindra Sumbar Nurhaida (wakil ketua) dan Zulkifli (wakil sekretaris), kemarin.

Andre Rosiade meminta pengurus Gerindra menyerahkan bantuan tambahan modal untuk RM Ampera Cahaya Baru milik Oka di Bypass KM 17. Sudah sebulan dibuka, rumah makan Rp13.000 itu masih belum stabil. “Kami diminta Pak Andre menyerahkan bantuan modal untuk pak Oka. Semoga usahanya bisa terus maju,” kata Nurhaida yang juga Sekretaris PD PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar ini.

Oka yang langsung bersujud syukur usai menerima bantuan modal mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade yang sangat peduli sekali terhadap rakyat kecil atau grassroots. “Alhamdulillah. Terima kasih Pak Andre Rosiade yang telah membantu modal usaha saya. Nasi Ampera di Bypass Lubuk Minturun, Kota Padang,” kata Oka dengan rasa harunya.

Oka mengharapkan, orang seperti Andre Rosiade mendapatkan kesuksesan, karena sudah sangat banya membantu masyarakat Sumbar. “Kami berdoa kepada Allah yang telah menggugah hati nurani Pak Andre Rosiade untuk membantu rakyat kecil di Sumbar, termasuk saya. Semoga Pak Andre selalu dalam lindungan Allah SWT. Pak Andre sangat peduli terhadap rakyat kecil. Saya sangat merasakan,” katanya.

Dengan terbata-bata Oka menyebutkan, bantuan Andre ini dapat dikatakan menyelamatkan usahanya. “Kalau saya tidak dibantu hari ini, kemungkinan besar besok usaha saya tutup. Karena tidak ada modal lagi. Saya doakan, Allah mendengar doa-doa Pak Andre Rosiade dan cita-cita Pak Andre Rosiade terkabulkan,” katanya.

Andre Rosiade menyebutkan, saat ini memang banyak usaha-usaha kecil yang terancam gulung tikar karena imbas pandemi yang belum berakhir. Sebagai anggota Komisi VI DPR RI, dia memang fokus untuk membantu membangkitkan ekonomi masyarakat, seperti UMKM dan usaha-usaha rumahan lainnya. Begitu juga dengan usaha rumah makan milik Oka.

“Semoga apa yang kami kirimkan, sedikit-banyaknya bisa membantu usaha Pak Oka berjalan lagi. Apalagi kami dengar, masakannya enak-enak dan layak untuk diandalkan masyarakat Kota Padang. Lokasinya juga bagus, di Bypass Lubuk Minturun. Semoga Allah melancarkan rezeki Pak Oka dengan rumah makan amperanya,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (HP-002)