Polres Pessel Gelar Pengamanan Libur Lebaran

HALOPADANG.ID – Umat islam merayakan hari raya idul Fitri 1443 H yang ditetapkan pemerintah dan organisasi keagamaan, berkaitan dengan itu Polri akan melaksanakan Operasi Ketupat tidak terkecuali Polres Pesisir Selatan. Senin 09 Mei 2022.

Setelah melaksanakan Apel gelar Pasukan yang di pimpin oleh Wakil Bupati Pessel pada tanggal 22 April lalu berlanjut Polres Pessel kemarin melaksanakan Lat Pra Ops Ketupat Singgalang Th. 2022 yang dilaksanakan Aula Bhayangkara Endra Dharmalaksana Mapolres Pessel.

Hari ini hari H+7 Lebaran dibuktikan dengan selalu Aktif Pos pengamanan yang telah ditentukan antara lain. Pos Pengamanan di Pantai Carocok Painan Ken. Painan Selatan Kec. IV Jurai Kab. Pesisir Selatan.

Polres Pesisir Selatan semenjak berlakunya Operasi Ketupat Singgalang Th 2022 ini yakni tanggal 28 April 2022 menyiapkan 2 pos pengamanan dan 1 Pos pelayanan ini dengan petugasnya masing-masing 10 orang setiap harinya berdinas 1X24 Jam bergabung dengan TNI, Dishub, Kesehatan dan BPBD di objek wisata mandeh, objek wisata carocok Painan dan pantai pasir putih kambang jalan lintas padang bengkulu.

Disamping personel cadangan sebanyak 30 personel yang nantinya akan mengantisipasi kemacetan atau kejadian menonjol yang perlu kehadiran petugas di lokasi kerawanan tersebut.

Hal ini sengaja disiapkan untuk pelayanan selama operasi ketupat dan disampaikan juga pos ini untuk pelayanan masyarakat yang melaksanakan mudik maupun pengawasan objek wisata yang diperkirakan akan ramai dikunjungi masyarakat, masyarakat bisa memanfaatkan pos tersebut apabila mengalami kendala dan hambatan ataupun gangguan keamanan.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

Dan personel yang bertugas tetap menegakkan Prokes terhadap masyarakat agar penyebaran COVID-19 tidak meningkat di Kabupaten Pesisir Selatan.

Operasi Ketupat Singgalang Th. 2022 akan di gelar selama 14 hari mulai dari Tanggal 28 April sampai dengan 09 Mei 2022, sebanyak 150 personil Polres Pessel di terjunkan dalam pelaksanaan pengamanan hari raya idul Fitri 1443 H/2022 M.

Ini merupakan bentuk wujud pelayanan nyata Polres Pessel kepada masyarakat agar mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama melaksanakan mudik, yang bertemakan ” Wujud Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Untuk Menjamin Masyarakat Aman dan Sehat Dalam Perayaan Idul Fitri 1443 H”.

Kapolres Pessel AKBP Sri Wibowo, S.I.K, M.H menekankan pada saat pelaksanaan Ops Ketupat Singgalang Th. 2022 menyampaikan kepada seluruh personil yang terlibat pengamanan agar selalu menjaga kondisi fisik dalam keadaan prima, agar pada saat pelaksanaan pengamanan nanti kita dapat melakukan dengan Optimal memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Tetap mematuhi Prokes baik personel dan masyarakat dengan terus melakukan himbauan yang humanis kepada masyarakat agar tetap disiplin pakai masker dan Vaksinasi booster karena pandemi belum berakhir, tutur Kapolres.

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas

Disamping personel tetap menjaga penampilan dan kerapian dalam persiapan menghadapi tantangan tugas kedepanya.

Terpantau oleh Humas di Hari H+7 Idul Fitri personel di Pos Pam dan Pelayanan mulai melandai melaksanakan pengaturan arus lalu lintas arus balik ataupun yang mau masuk ke objek wisata termonitor mulai sepi namun masih lancar dan kondusif.

Dimana hari ini adalah hari terakhir masa operasi, masyarakatpun sudah kembali berkegiatan seperti biasanya ditandai akhir libur telah usai.

Personel sejak pagi hingga malam hari tetap standy by di Pos masing-masing dengan memonitor arus kendaraan yang melintas dan ada juga masyarakat yang bertanya tentang kendala yang dihadapi selama diperjalanan.

Bahkan petugas Pos membantu melancarkan arus lalu lintas didepan pos masing-masing dengan bergegas memberikan peringatan bagi pengemudi untuk terus bergerak jangan berhenti di bahu jalan, bahkan kendaraan yang sedang mogok dibantu oleh petugas.

Untuk Apel pagi Pos Carocok Painan dipimpin oleh Kapolsek IV Jurai AKP Zulhermansyah, SH didampingi Ka Pos Pam Kasat Narkoba AKP Hidup Mulia, SH, M.H.

Baca Juga :  Andre Rosiade Resmikan Penggunaan BTS di Kamang Bakti Sijunjung

Personel ditugaskan sebanyak 30 orang menyasar di titik rawan kemacetan mulai dari sebelum masuk kota Painan hingga keluar kota, mengalihakan arus padat didalam pasar mulai masuk ke kota dialihkan kedepan Mapolres Pessel.

Sedangkan arus dari arah selatan atau bengkulu tetap masuk kedalam pasar inpres painan, sedangkan didalam lokasi parkir pantai Carocok Painan juga tersebar puluhan anggota melancarkan arus kendaraan.

Ramainya pengunjung usai lebaran tentunya diantisipasi dengan kehadiran personel Polri dilapangan, masyarakat pengunjung hendaknya mematuhinya, tanpa partisipasi masyarakat tidak akan tercipta keamanan kondusif dan saling bersabar dan memperhatikan keselamatan anggota keluarga yang ikut berlibur.

Masyarakat bisa memanfaatkan Pos tersebut untuk kelancaran dalam mudik kali ini, tak itu saja masyarakat yang lelah dalam berkendara bisa istirahat di Pos dimaksud akan lebih aman tentunya, utamakan keselamatan dalam berkendara, lengkapi dengan vaksinasi dan tetap proses pakai masker untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dan jaga keselamatan dalam menempuh perjalanan liburan maupun pulang agar bisa berkumpul dengan keluarga tercinta dan bahagia di hari Fitri 1443 H.

Dengan berakhirnya masa operasi, selama pelaksanaan berjalan relatif aman dan kondusif tentunya akan ada evaluasi untuk meningkatkan pelayanan kepolisian kedepanya.(HP-001)