Andre Rosiade Bantu Korban Luka Bakar di Lima Kaum, Tanahdatar

HALOPADANG.ID – Ledakan tabung gas saat membantu tetangganya memasak untuk keperluan pesta pernikahan, membuat Nurhayati (36) harus menderita luka bakar. Pasalnya, saat itu dia tak menyangka, api akan menyambar dirinya yang sedang mempersiapkan masakan. Kebetulan, Nurhayati sedang sendiri di dapur saat itu.

Luka bakar yang diderita Nurhayati diperkirakan lebih dari 80 persen dan membuatnya tak bisa bergerak. Kini, dia hanya bisa terbaring di rumahnya di Jorong Silabuak, Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Tanahdatar usai pulang dari RSUD Batusangkar.

Kepulangan Nurhayati sebenarnya belum mendapat restu dari tim medis RSUD. Namun, “pulang paksa” diambil karena ketiadaan biaya, dan tidak memiliki BPJS. “Dia juga pulang karena tidak tahan dengan penyakitnya, dan biaya yang menurutnya terus membesar,” kata Yhohanes, warga Tanahdatar yang membantu mencarikan biaya pengobatan.

Saat berkunjung ke Tanahdatar pekan lalu, Anggota DPR RI Andre Rosiade pun mampir ke rumah yang berada di tengah area persawahan itu. Ketua DPD Gerindra Sumbar itu turut membantu meringankan beban Nurhayati yang memiliki satu orang anak yang masih sekolah itu.

“Kami dapat informasi dari Wali Nagari Parambahan Robi Asdi dan warga sekitar beberapa waktu lalu. Jadi, kami mampir dan memberikan bantuan untuk keperluan berobat ibu Nurhayati,” kata Andre Rosiade yang datang didampingi Ketua DPC Tanahdatar Rony Mulyadi Dt Bungsu dan sejumlah pengurus DPD Gerindra Sumbar dan DPC Gerindra Tanahdatar.

Andre juga meminta Rony Mulyadi yang juga Ketua DPRD Tanahdatar untuk membantu memastikan BPJS Nurhayati. “Semoga bu Nurhayati segera sembuh dan mendapatkan perawatan medis yang layak. Tak mungkin beliau hanya dibiarkan di rumah saja,” kata ketua DPD Gerindra Sumbar yang juga anggota Komisi VI DPR RI itu.

Wali Nagari Parambahan Robi Asdi berterima kasih atas kunjungan dan bantuan dari Andre Rosiade untuk warganya. Dia berharap, Andre terus memberikan bantuan untuk Lima Kaum, umumnya Tanahdatar. “Selain membantu warga kami yang terkena luka bakar, kami minta pak Andre juga memberikan bantuan untuk pembangunan masjid atau mushalla di Parambahan ini,” katanya.

Yon Hartoni, suami Nurhayati sangat berterima kasih atas bantuan dari anggota DPR RI asal Sumbar 1 yang bahkan sampai datang ke rumahnya. “Namanya musibah pak, niat hati membantu tetangga malah jadi korban ledakan kompor gas. Terima kasih atas bantuan pak Andre dan tim Gerindra,” katanya. (HP-002)