Warga Tunggul Hitam Ditembak Tim Klewang Karena Begal Lansia

HALOPADANG.ID – Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang meringkus Ade Susanto (36), warga Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang karena diduga terlibat dalam kasus pencurian dan kekerasan. Pelaku dilumpuhkan dengan timah panas karena melawan petugas.

Modus pelaku adalah berpura-pura sebagai travel. Sebagian besar korbannya merupakan lansia. Pelaku ditangkap pada Rabu (9/2/2022) sekitar pukul 18.00 WIB di Kelurahan Kurao, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang. Ia kemudian dibawa ke RS Bhayangkara Padang untuk mendapatkan penanganan medis usai timah panas menembus kakinya.

“Modusnya jadi travel. Dimana di dalam travel itu sudah ada tiga orang termasuk pelaku. Mereka kemudian melakukan pembegalan kepada korbannya yang rata-rata sudah lansia,” terang Kasat Reskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda, Kamis (10/2/2022).

Komplotan ini terang Rico, menyasar korban para lansia yang ingin mengambil uang pensiun. Korban ini rata-rata datang dari luar daerah. Pelaku menawarkan diri sebagai travel kepada korban.”Korban tidak curiga, karena di dalam mobil tersebut ada orang lain yang disangka sebagai penumpang juga,” tuturnya.

Saat berada di tempat lengang, kata Rico pelaku kemudian mulai beraksi. Semua perhiasan dan uang korban diambil paksa. Lalu korban diturunkan di tempat sepi. Sedangkan komplotan ini kabur melarikan diri. “Kami masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya. Keterangan pelaku, aksi serupa sudah dilakukan di lebih dari 10 TKP,” jelasnya.(*)