Andre Rosiade Apresiasi Kemenhub Kembangkan Kereta Api di Kota Padang

HALOPADANG-Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar), Andre Rosiade mengapresiasi rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengembangkan angkutan kereta api dalam kota di Kota Padang, Sumatra Barat. Sebelumnya, Andre Rosiade juga sudah pernah menyampaikan wacana ini, bahkan sebelum menjadi anggota DPR.

Hal itu tercermin dari anggaran Kementerian Perhubungan tahun 2022 dan 2023 yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur perkerataapian di Kota Padang. Andre menilai, saat ini angkutan kereta api dalam kota yang benar-benar baik memang dibutuhkan masyarakat.

“Kami mendapat informasi dari Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan Bapak Zulfikri bahwasanya Kementerian Perhubungan menyiapkan anggaran pada tahun 2022 dan 2023 untuk membangun infrastruktur perkeretaapian termasuk stasiun-stasiun kereta api di Kota Padang agar dapat terkoneksi mulai dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) hingga Indarung,” ujar Andre Rosiade, Kamis (20/1).

Baca Juga :  Wako: Tugu Apeksi Jadi Primadona bagi Masyarakat

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini menjelaskan, dalam cetak biru pengembangan kereta api di Kota Padang, nantinya jalur kereta api dari BIM akan terkoneksi dengan stasiun Lubuk Buaya, stasiun Air Tawar, stasiun Alai, stasiun Simpang Haru, stasiun Pulau Aia, stasiun Bukit Putus, stasiun Kampung Jua, stasiun Pauh Lima Limau Manis, hingga ke arah Indarung.

“Saya mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah menyiapkan anggaran pembangunan stasiun-stasiun kereta api di Kota Padang sehingga nantinya masyarakat Kota Padang mempunyai angkutan kereta api dalam kota seperti halnya Commuter Line di Jabodetabek,” jelas ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Andre juga berterima kasih kepada Menteri Perhubungan yang betul-betul serius mengembangkan kereta api ini. “Secara khusus saya juga ucapkan terima kasih kepada Menteri Perhubungan Pak Budi Karya Sumadi dan Dirjen Perkeretapian Kementerian Perhubungan Pak Zulfikri yang memberikan perhatian bagi pengembangan kereta api di Kota Padang,” kata anggota Fraksi Gerindra DPR RI ini.

Baca Juga :  Andre Rosiade Gelar Jumat Berkah di Gunung Sarik Kuranji, Padang

Lebih lanjut, Andre mengatakan, pengembangan angkutan kereta api dalam kota ini diharapkan dapat memberikan layanan maksimal pada masyarakat serta menjadi solusi atas kemacetan di Kota Padang. “Yang penting sekali juga menjadikan kereta api yang nyaman bagi penumpang,” katanya.

Oleh karena itu, sebagai Anggota Komisi VI DPR RI yang bermitra dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Andre menegaskan dukungannya terhadap program pembangunan infrastruktur kereta api di Kota Padang. Dia pun mendorong PT KAI menyiapkan lokomotif dan gerbong dengan kualitas terbaik, minimal setara dengan Commuter Line Jabodetabek.

“Ini adalah tugas dan tanggung jawab saya sebagai anggota DPR RI Komisi VI asal daerah pemilihan Sumatera Barat I untuk memastikan kualitas gerbong dan lokomotif yang terbaik seperti yang digunakan di Jawa,” kata Andre Rosiade yang kerap berkomunikasi dengan direksi PT KAI.

Baca Juga :  Calon Jemaah Haji Tes Kebugaran, Diminta Berjalan Atau lari Hingga 1,6 Km

Bahkann, pekan lalu Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengunjungi Sumbar untuk mengeksekusi permintaan Bupati/Wali Kota di Sumbar yang dibawa oleh anggota DPR RI Andre Rosiade bertemu dengan Menteri BUMN dan direksi PT KAI di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kami datang untuk memfollow up atau menindaklanjuti permintaan Bupati/Wako se-Sumbar pada pertemuan di Jakarta yang diinisiasi oleh Anggota DPR asal Sumbar Andre Rosiade. Sudah ada yang deal seperti Kota Bukittinggi yang sudah ada surat-suratnya, dan yang lain sedang dimatangkan. Juga sudah menambahkan gerbong khusus sepeda jalur Padang-Kota Pariaman. Kami berkunjung ke Sawahlunto, Padangpanjang, sampai Solok,” kata Didiek. (HP-001)