JPS Gelar Diskusi Soal Realisasi APBN 2021/Dana Transfer ke Daerah serta Dampak ke Pembangunan Sumbar dan Transfer

HALOPADANG.ID – Ada yang menarik dari Diskusi Jaringan Pemred Sumbar (JPS) kali ini karena tema nya menguliti soal dana pusat ke daerah yaitu ” Realisasi APBN 2021/Dana Transfer ke Daerah serta dampak ke Pembangunan Sumbar”.  Menghadirkan narasumber Badan Kehormatan DPD RI Leonardy Harmainy, Anggota DPRD Sumbar HM Nurnas, Pejabat BPKAD Sumbar Yunasri dan Pakar Ekonomi Unand Hefrizal Handra, Sabtu 25 Desember 2021 di the ZHM Premiere Hotel, Padang.

Menurut HM. Nurnas Dana Alokasi Umum (DAU) itu mestinya bisa digunakan untuk belanja modal karena besarannya ditentukan jumlah penduduk bukan jumlah pegawai.

Dulu DAU ini bisa digunakan untuk belanja modal, tapi UU 23 sekarang DAU hanya untuk belanja pegawai, semoga UU direvisi dikembalikan pemanfaatkan DAU ke seperti dulu lagi,” ujar HM Nurnas selaku pembicara pada diskusi dalam rangka 2 tahun JPS.

HM Nurnas mengajak seluruh pihak, agar menggenjot dana kementerian dan lembaga supaya mengalir ke Provinsi Sumatera Barat.

“Menyikapi dana transfer ke daerah berkurang, Sumbar harus menggenjot. potensi pendapatan lain. Satu lagi bersama kita Pemprov, akademisi, DPRD dan wakil rakyat dan daerah di Senayan RI. untuk mempush dana kementerian ke Sumbar, mari kita berkolaborasi ” ujar HM Nurnas.

Diskusi makin menarik ketika Senator DPD RI Leonardy Harmainy mengkritik paparan pemateri sebelumnya yang belum menyentuh tema tentang kurang transfernya dana daerah dampak ke Sumbarnya apa?,”ujar Leonardy Harmainy.

Menurut Leonardy Sumbar harus memperkencang lobby dan mengerakan sumber potensi dalam. kondisi minus dana transfer pusat ke daerah ini. (HP-002)