Menangi Laga Lawan Laos, Indonesia Unggul Selisih Gol dari Vietnam

HALOPADANG.ID – Pertandingan Laos vs Indonesia di babak penyisihan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Singapura, berakhir dengan skor 1-5. Laga berlangsung pada Minggu, 12 Desember 2021 dimulai 16.30 WIB atau 17.30 waktu setempat.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menurunkan tim yang berbeda saat menghadapi Laos. Kali ini, dia memainkan dua penyerang sekaligus, yaitu Kushedya Hari Yudo dan Dedik Setiawan sebagai starter. Sementara Ezra Walian di bangku cadangan.

Perubahan juga terjadi di lini pertahanan. Alfeandra Dewangga beduet dengan Rizky Ridho Ramadhani di posisi bek tengah. Mereka diapit Moh Edo Febriansah di bek kiri dan Asnawi Mangkualam Bahar di sisi kanan. Di posisi kiper, Shi Tae-yong memainkan Ernando Ari Sutaryadi.

Baca Juga :  Nobar Saat Timnas Kalahkan Vietnam, Presiden Jokowi Bersuka Cita Bersama Menteri dan Staf

Di lini tengah, Evan Dimas kembali berduet dengan Ricky Kambuaya, serta Irfan Jaya dan Rachmat Irianto.

Seperti laga sebelumnya, skuad Garuda bermain menekan sejak awal pertandingan. Namun, mereka tidak mudah melancarkan serangannya ke lini pertahanan Laos.

Indonesia mencetak gol pertama pada menit ke-23 melalui tendangan penalti Asnawi Mangkualam Bahar. Wasit menunjuk titik putih setelah Alfeandra Dewangga dijatuhkan di area terlarang.

Irfan Jaya menggandakan keunggulan pada menit ke-35. Dia memaksa kiper Laos memungut bola dari gawangnya untuk kedua kalinya setelah berhasil menyelesaikan umpan silang yang di kirim Asnawi dari sisi kanan.

Laos mencetak gol balasan untuk memperkecil ketertinggalan pada menit ke-41 melalui penyerang Kydavone Souvanny. Dia melakukan tembakan keras yang tidak bisa dihalau kiper Ernando Ari Sutaryadi.

Baca Juga :  Meletus, Gunung Marapi Semburkan Abu Setingggi 1.500 Meter di Atas Puncak

Mendekati istirahat turun minum, timnas Indonesia mendapat kesempatan mencetak gol lewat tendangan bebas Irfan Jaya. Namun, tendangannya masih melenceng. Kedudukan tetap 1-2 untuk keunggulan skuad Garuda hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Indonesia melakukan pergantian pemain. Bek tengah Elkan Baggott masuk untuk memperkuat lini pertahanan menggantikan gelandang Rachmat Irianto. Selain itu, Witan Sulaeman juga masuk sebagai pengganti Kushedya Yudo.

Pergantian pemain membuahkan hasil manis. Witan mencetak gol ketiga untuk timnas Indonesia setelah memanfaatkan assist dari Irfan Jaya.

Setelah menit ke-72, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain di lini depan dan belakang. Ezra Walian dan Fachrudin Aryanto menggantikan Dedik Setiawan dan Rizky Ridho.

Baca Juga :  Meletus, Gunung Marapi Semburkan Abu Setingggi 1.500 Meter di Atas Puncak

Hanya butuh lima menit setelah masuk ke lapangan, Ezra Walian mampu menambah keunggulan menjadi 4-1. Gol ini berkat assist dari Witan Sulaeman.

Evan Dimas menambah gol untuk timnas Indonesia menjelang pertandingan berakhir pada menit ke-84. Sang kapten mampu menyelesaikan umpan terobosan yang dikirim oleh Alfiandra Dewangga.

Dengan hasil ini, timnas Indonesia menduduki puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2020 dengan enam poin sama dengan Malaysia dan Vietnam. Vietnam mendapat tambahan poin 3 setelah menang atas Malaysia 3-0 di laga setelah Laos versus Indonesia. Laos sendiri kian terbenam di posisi terendah dengan tiga kekalahan beruntun. Sebelumnya mereka kalah 0-2 dari Vietnam dan 0-4 dari Malaysia.(*)