Andre Rosiade Bantu IRT Pengidap Tiroid di Nanggalo, Padang

HALOPADANG.ID – Sudah sebulan terakhir, Mazni (39) tak bisa lagi berjalan. Bahkan untuk duduk tanpa dibantu saja dia kesulitan. Jadilah Mazni hanya bisa terbaring lemah di ruang tamu rumahnya di Kampug Baru Berok, RT 4, RW 4, Kurao Pagang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

Sang suami, Deni Sofyan (42) saat ini juga sedang tidak bekerja. Biasanya, dia menjadi buruh bangunan, tapi sejak beberapa bulan terakhir tidak dapat kerja. “Sudah sebulan ini saya tak bisa berjalan, badan rasanya sakit semua,” kata Mazni saat didatangi pengurus DPD Partai Gerindra Sumbar, Rabu (8/12) ke rumahnya.

Awalnya, kata ibu rumah tangga (IRT) ini, dia diduga menderita penyakit paru-paru. Namun setelah dicek, ternyata paru-parunya cukup baik. Tetapi yang akhirnya menjadi masalah adalah penyakit tiroid, atau gangguan yang disebabkan oleh kelainan bentuk atau fungsi kelenjar tiroid. Badannya terus menyusut dan menjadi sangat kurus.

“Saya beberapa kali sudah ke rumah sakit, terakhir ke RS Paru di Lubukalung, Padangpariaman. Katanya, detak jantung saya jauh lebih kencang dari pernafasan. Sebelumnya saya masih bisa berdiri dan berjalan, sebulan terakhir ini benar-benar tidak bisa,” kata Mazni yang memiliki lima anak ini.

Mazni menyebut, karean ketiadaan biaya, BPJS mandiri yang dipunyainya juga sudah menunggak cukup lama. Sehingga tidak aktif lagi. “Sudah dua kali ke RS Paru, bayarnya umum. Dengan apa mau dilunasi BPJS, untuk makan saja susah,” katanya usai menerima bantuan uang tunai dan sembako dari anggota DPR RI Andre Rosiade yang diserahkan Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, Zulkifli (wakil sekretaris) dan Hendra Afni Zola (wakil bendahara).

Sekarang, kata Mazni, selain mengobati sakitnya, dia dan keluarga juga harus berhemat-hemat untuk makan sehari-hari. “Apa saja kami makan sekarang pak, asal bisa bertahan. Suami saya juga terus berjuang mencari pekerjaan, untuk menghidupi keluarga kami,” kata Mazni.

Mazni sangat berterima kasih atas bantuan Andre Rosiade melalui pengurus Gerindra Sumbar. “Terima kasih pak Andre Rosiade. Bantuan sudah kami terima, semoga bisa membantu kami berobat dan makan sehari-hari,” kata Mazni didampingi Nurmi, warga sekitar.

Nurmi menyebutkan, keluarga Mazni memang sangat layak dibantu. Selain penyakitnya yang cukup parah, dia juga sedang kesulitan ekonomi. “Kami sampaikan ke tim Gerindra, Alhamdulillah bisa sampai ke sini. Terima kasih pak Andre Rosiade atas bantuannya kepada warga kami,” kata Nurmi.

Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar mengaku prihatin dengan kondisi Mazni yang sekarang tidak bisa berdiri. “Kami kirimkan sembako dan sedikit dana untuk berobat. Kami doakan Bu Mazni cepat sembuh seperti sedia kala,” kata Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (HP-001)