Pasangan Pemulung di Padang Baru Terima Bantuan dari Andre Rosiade

HALOPADANG.ID – Sepasang pemulung lanjut usia, Khairul (65) dan Zuriati (59) tinggal di rumah sangat sederhana di RW 1 Padang Baru, Kelurahan Alai Parak Kopi, Padang Utara, Kota Padang. Setiap hari, mereka berjalan kaki puluhan kilometer untuk mencari barang bekas seperti karton, plastik dan botol minuman.

“Sudah dua tahun lebih kami memulung. Mengumpulkan barang bekas untuk dijual lagi. Dikumpulkan dulu di dalam rumah, disortir. Sekali dua minggu atau tiga minggu baru kami jual ke pengepul. Dapat 200-300 ribu,” kata Zuriati saat didatangi pengurus Gerindra ke rumahnya, Jumat (19/11) mengantarkan bantuan dari Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade.

Zuriati menyebutkan, dulu mereka tak terlalu terpaksa memulung saat anaknya masih hidup dan bekerja sebagai satpam. Namun tiga tahun lalu meninggal dibunuh orang di dekat rumahnya. “Setelah anak meninggal, kami harus mencari makan berdua,” kata Zuriati yang menerima bantuan uang tunai dan sembako yang diserahkan Wakil Ketua Gerindra Sumbar Nurhaida, Joni Rusjan (wakil bendahara) dan Zulkifli (wakil sekretaris).

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung

Selain itu, rumah Khairul dan Zuriati juga berantakan karena bedah rumah yang tidak tuntas dikerjakan. “Beginilah rumah kami, berantakan. Bedah rumah hanya dikasih bahan saja. Kami tak punya dana untuk meneruskan,” kata Zuriati yang rumahnya rusak sejak gempa besar 2009 lalu.

Zuriati sangat berterima kasih atas bantuan Andre Rosiade kepadanya yang memang sedang dalam kondisi kesulitan ekonomi. “Terima kasih pak Andre Rosiade yang memberikan bantuan kepada kami. Kami doakan pak Andre dan keluarga sehat selalu dan sukses,” kata Zuriati yang mengaku kaget didatangi para pengurus Gerindra.

Ketua RW 1 Alai Parak Kopi Yoserizal, menyebutkan, dia sering melihat Andre dan tim membantu warga kesusahan. Karena itu dia mencoba memberikan informasi warganya ini. “Alhamdulillah, pak Andre membantu warga kami. Terima kasih pak Andre,” kata Yoserizal yang mengaku selalu memantau aktivitas Andre di Sumbar dan di Senayan.

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung

Nurhaida yang juga sekretaris PD PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar menyebutkan, kondisi pasangan pemulung itu sangat memprihatinkan. Dia berharap bantuan Andre bisa membantu meringankan beban keluarga. “Kami juga melihat kondisi rumah yang masih berantakan. Kami akan coba mengusulkan kembali melalui bedah rumah pak Andre Rosiade. Semoga bisa diselesaikan,” kata Nurhaida.

Pengurus Gerindra Sumbar Joni Rusjan yang juga putra asli Padang Baru mengaku prihatin dengan kondisi keluarga pemulung itu. Dia pun bertekad akan terus memberikan bantuan untuk warga Padang Baru yang butuh bantuan. “Kami akan fokus membantu warga Padang Baru ini. Mereka yang tinggal di pusat kota, tapi tak beruntung dan harus dibantu,” kata pensiunan PT Telkom ini. (HP-002)

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung