Andre Rosiade Bantu IRT Penderita Kanker Payudara di Batas Kota Padang

HALOPADANG.ID – Sudah tiga tahun lamanya Etmalia Juita (44) menderita penyakit kanker payudara (carcinoma mammae). Sejak itu pula ibu dua anak ini telah menjalani tiga kali operasi yang menurutnya belum membuat penyakitnya sembuh total, tapi setiap hari masih merasa sakit.

“Sakit sudah tiga tahun. Sudah operasi tiga kali. Setiap tahun rutin operasi. Memang sudah ada perubahan, tapi sakitnya tetap ada. Dari depan sampai ke belakang,” kata ibu rumah tangga (IRT) itu di rumahnya Sungai Pinang, Kasang, Batang Anai, Padangpariaman – persis di perbatasan Kota Padang.

Bahkan, kata Etmalia, setiap usai operasi dia selalu memohon kepada dokter, agar dipercepat sakitnya hilang. “Sudah menangis dan ‘mambana’ ke dokter. Sudahlah operasinya pak dokter, kalau perlu angkat saja payudara saya,” kata Etmalia yang menerima bantuan sembako dan biaya berobat dari Anggota DPR RI Andre Rosiade, kemarin.

Etmalia menyebut, saat ini dia juga sedang mengalami kesusahan ekonomi karena dampak pandemi yang dirasakan sejak dua tahun terakhir. Membuka kedai kelontongan di samping rumahnya, belum bisa membantu suaminya Fendi (49) yang bekerja sebagai petani di sawah dan ladang di sekitar rumah mereka. Rumah yang tetangganya saja sudah memiliki KK Kota Padang.

“Terima kasih bantuan untuk kami pak Andre Rosiade, untuk berobat bagi saya. Semoga Panjang umur dan murah rezeki,” katanya usai menerima bantuan yang diserahkan Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, Zulkifli (wakil sekretaris) dan Rina Shintya (wakil bendahara).

Nurhaida menyebutkan, dia mendapatkan informasi kondisi Etmalia dari salah satu rekan alumni SMA-nya. “Kami dapat informasi, awalnya mengira jauh di Padangpariaman. Ternyata di gerbang Kota Padang. Kami antarkan semoga bisa membantu bu Etmalia untuk berobat. Meski ditanggung BPJS, tapi biaya transportasi dan biaya harian di rumah sakit cukup besar,” kata Sekretaris PD PIRA (Perempuan Indonesia Raya) Sumbar ini.

Andre Rosiade yang juga Ketu DPD Partai Gerindra Sumbar sangat prihatin dengan kondisi Etmalia yang menderita kanker payudara. “Kami membantu mungkin tak seberapa. Semoga bisa dimanfaatkan untuk meringankan biaya berobat dan biaya sehari-hari,” kata ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (HP-001)