Padang Pariaman Bangun Cagar Budaya Kuburan Sibohong

HALOPADANG.ID – Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur, SE., MM. meletakkan batu pertama pembangunan cagar budaya kuburan sibohong Syekh Burhanuddin di Tanjung Medan Kecamatan Ulakan Tapakis pada Minggu (17/10).

Dalam sambutannya Suhatri Bur mengatakan cagar budaya kuburan sibohong syekh Burhanuddin merupakan sebuah tempat religi sejarah yang dimana setiap tahun juga tempat dilaksakannya ziarah, meskipun kuburan asli dari Syekh Burhanuddin terletak di Ulakan Tapakis.

Menurut sejarahnya Cagar Budaya Kuburan Syekh Burhanuddin merupakan sebuah makam yang diperuntukkan kepada Syekh Burhanuddin dimana pada suatu waktu beliau pernah mengamanatkan kepada salah satu muridnya untuk dapat dikuburkan di Tanjung Medan jika beliau wafat yang mana sekarang dikenal sebagai kuburan sibohong Syekh Burhanuddin.

“Selain tempat religi dimana hampir seluruh masyarakat melakukan ziarah di kuburan Sibohong Syekh Burhanuddin, kita juga harus menjaga ataupun membangun tempat ini sebagai tempat wisata religi dimana itu akan dapat menjadi tempat bagaimana masyarakat dapat mengenal sejarah asal usul agama Islam di Sumatera barat” Ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan tempat religi kuburan sibohong Syekh Burhanuddin merupakan objek wisata religi yang dapat meningkatkan minat pendatang dari berbagai tempat untuk mengunjungi Tanjung Medan dimana hal itu merupakan hal positif bagi perkekomian masyarakat setempat.(HP-001)