Dua Karateka Sumbar Menjejak di Final PON, Andre Rosiade Sebut Soal Bonus

HALOPADANG.ID – Dua karateka Sumatra Barat ( Sumbar ) berhasil menyumbang medali perak pada Pekan Olahraga Nasional ( PON ) XX Papua . Keduanya adalah Fadila Putri yang bertanding di kelas Kumite +68 Kg putri dan Milioner di kelas Kumite 60 Kg putra.

Perak pertama, didapat setelah Fadila kalah di partai final dari karateka tuan rumah Juvita Cerlin Mou pada pertandingan yang dipentaskan pada Selasa (12/10/2021).

Sementara Milioner harus mengakui keunggulan Karateka Bali, Khrisna dengan skor 4-1. Milioner yang berbekal perak Kejurnas sejak awal penyisihan mendominasi, akhirnya di partai final harus mengakui keunggulan lawannya.

Pelatih Karate Sumbar Zelly Herianto mengatakan, capaian yang diraih Fadila dan Milioner sudah sangat bagus, mengingat keduanya mampu melesat hingga ke babak final.

“Kita bersyukur mampu mempersembahkan medali perak dari Karateka Fadila Rahmi dan Milioner. Kita kalah di final dari wakil tuan rumah dan Bali,” ungkap Zelly, Rabu (13/10/2021).

Fadila Rahmi berterima kasih atas dukungan semua pihak yang membuatnya sampai mendapatkan perak PON 2021 di Papua . “Alhamdulillah, terima kasih semua yang telah membantu dan memberikan dukungan semua pihak,” katanya yang sempat melakukan sambungan video call dengan Ketua FORKI Sumbar Andre Rosiade usai menerima medali perak.

Meski hanya mengondol medali perak, Milioner yang merupakan karateka potensial itu bersyukur bisa menambah pundi-pundi medali untuk kontingen Sumatera Barat. “Saya bersyukur bisa mempersembahkan medali perak untuk Sumbar . Baru ini rezeki saya pada PON kali ini,” ujarnya.

Ketua Federasi Karate-Do Olahraga Indonesia (FORKI) Sumbar H Andre Rosiade bersyukur atas raihan Fadila Rahmi di nomor yang sebenarnya tidak menjadi unggulan karateka Sumbar . Juga Milioner yang sejak awal memang sudah diprediksi minimal mendapatkan perak atau emas.

“Alhamdulillah. Ini medali perdana Sumbar di cabang karate PON 2021. Juga diikuti perak berikutnya di hari Rabu. Hal ini tentu lebih baik dari PON di Jabar lalu dimana kita tidak mendapat medali. Yang pasti, bonus sudah menanti seperti yang dijanjikan,” kata anggota DPR RI ini.

Andre Rosiade bahkan memberikan semangat dengan melakukan video call langsung dengan Fadila. “Untuk Dila dan Milioner semangat ya. Terima kasih atas perjuangannya, pacah talua (perdana) Sumbar dapat medali,” kata ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Tokoh olahraga Sumbar Sam Salam mengaku salut, karena Andre Rosiade merupakan pengiat cabor (cabang olahraga) yang baru saja menjabat mampu menyumbangkan medali buat sumbar dalam saat cabor lain “down” dalam berprestasi. “Luar biasa Andre Rosiade ,” katanya.(HP-002)