Putra Wapres Tanam Pohon di Pantai Ma’ruf Amin di Pariaman

Putra Wapres RI, Gus Syauqi Juga Tanam Pohon di Kawasan Pantai Ma’ruf Amin di Kota Pariaman, Kamis (30/9). IST

HALOPADANG.ID – Putra Wapres (Wakil Presiden) Ma’ruf Amin, Gus Syauqi Juga tanam pohon disebelah pohon yang ditanam oleh sang Abah (Wakil Presiden Ma’ruf Amin), di kawasan Pantai Ma’ruf Amin, yang berada disamping Pantai Kata, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kamis (30/9).

Pohon yang ditanam oleh Gus Syauqi ini adalah Pohon Pinago, yang merupakan pohon asli daerah yang banyak tumbuh di pantai yang ada di Kota Pariaman.

“Alhamdulillah, saya juga berkesempatan menanam pohon di samping pohon abah saya di kawasan Pantai Ma’ruf Amin ini, yang menjadi kebanggan tersendiri bagi saya selaku anak beliau, dimana Kota Pariaman telah memberikan sebuah nama kawasan pantainya dengan nama abah,” ucap Gus Syauqi yang mempunyai bakat dan hobi bermusik dan mencipta lagu ini.

Selain itu, Gus Syauqi sapaan akrab Ahmad Syauqi Ma’ruf amin ini mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungan pertama nya ke Sumatera Barat dan khusus hanya ke Kota Pariaman saja, karena ia telah jatuh hati dan kecintaanya dengan kota ini.

“Semoga hubungan baik ini dapat terus kita jaga, karena dengan Kota Pariaman saking cintanya dengan abah, sampai menamai pantainya dengan nama abah, dan begitupun sebaliknya, kami akan juga cinta dengan Kota Pariaman, karena untuk membangun daerah, harus kita lakukan secara bersama,” pungkasnya.

Sementera itu Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa penanaman pohon di sepanjang pantai Kota Pariaman ini, selain sebagai pohon peneduh, juga sebagai upaya mitigasi bencana dengan apa yang telah pihaknya lakukan selama ini.

“Keberadaan pohon ketapang yang ditanam oleh RI 2 dan pohon pinago yang ditanam oleh sang anak, Gus Syauqi ini menjadi sangat penting. Sebab, selain sebagai peneduh, kelak pohon jenis pesisir pantai ini akan mampu menjadi benteng alami yang dapat mereduksi potensi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami,” ungkapnya.

Genius Umar juga menjelaskan dalam memitigasi adanya bencana seperti gempa dan tsunami, tidak bisa hanya mengandalkan instrumen infrastruktur buatan manusia saja, tetapi harus diimbangi juga dengan kombinasi alam.

“Kawasan penanaman pohon oleh Wakil Presiden dan anaknya ini, nantinya akan kita kemas menjadi kawasan yang tertata baik, sebagai bagian pembangunan infrastruktur dengan tetap memperhatikan ekosistem yang ada, sehingga tujuan kita untuk wisata yang ramah lingkungan dan menarik, dapat kita wujudkan,” tutupnya. (HP-002)