Hujan Lebat, Kota Solok Sempat Alami Banjir Hingga Pagi ini

HALOPADANG.ID – Banjir masih menggenai beberapa spot di Kota Solok hingga Rabu (29/9/2021) pagi ini. Banjir tersebut tampak sudah menyurut jika dibandingkan dengan awal terjadi pada Selasa (28/9/2021) sore seiring dengan hujan lebat yang melanda daerah tersebut.

Tingginya curah hujan hingga malam, tak ayal sejumlah tempat yang rawan banjir kembali terendam. Salah satunya berada di Jalan ke SMAN 2 Kota Solok. Ketinggian air sampai Rabu (29/9/2021) pagi ini setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 30-40 centimeter.

Warga setempat, Feri, menginformasikan tingginya curah hujan sejak Selasa (28/9/2021) malam hingga Rabu (29/9/2021) pagi telah menimbulkan genangan pada beberapa titik. Kondisi diperparah dengan aliran air yang tidak lancar sampai ke hilir.

“Saat hujan jalan ini sering terendam banjir, rata-rata 30-40 cm,” ungkapnya pada spiritsumbar.com di sela-sela membantu warga yang terkena banjir.

Sementara itu, pagi ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang di sejumlah wilayah Sumatera Barat. Kepala seksi observasi dan informasi BMKG Padang Pariaman Yudha Nugraha mengatakan, cuaca Sumbar berawan pagi hari.

“Kondisi itu terjadi pada sore hingga malam hari di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Tanah Datar, Padang Panjang, Padang, Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan dan sekitarnya,” jelasnya.

Is melanjutkan, potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Mentawai pada siang hingga sore cuaca berawan. “Kemudian berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan, dan Pesisir Selatan,” lanjutnya. (HP-003)