Kebakaran Pasar Atas, Andre Rosiade Cari Solusi Bersama Dua Menteri

  • Bagikan

Pasar Bawah Bukittinggi Terbakar, Andre Rosiade Cari Solusi Bersama Dua Menteri

HALOPADANG.ID – Kebakaran hebat terjadi di Pasar Bawah Bukittinggi, Sumbar, Sabtu (11/9/2021) dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. Kebakaran di pasar tradisional yang terletak di Kelurahan Aua Tajungkang Tangah Sawah, Kecamatan Guguak Panjang tersebut menghanguskan tiga los, yakni los ayam, los maco (ikan asin) dan los karambia (kelapa).

Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade pun tak tinggal diam dengan kodisi ini. Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu langsung menghubungi dua Menteri RI. Pertama, Menteri Pekerjana Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perdagangan Muhamamd Lutfi.

Baca Juga :  7 BUMN akan Ditutup, Andre Rosiade Minta Hak Karyawan Dipenuhi

Andre mengatakan, pada Sabtu pagi dia ditelepon Wali Kota Bukittinggi Erman Safar terkait kebakaran yang diperkirakan menghanguskan sekitar 400 kios dan los itu. Erman meminta Andre menghubungi Mendag dan Menteri PU PR terkait pembangunan kembali Pasar Bawah pascakebakaran.

Andre pun menghubungi Menteri PUPR RI Basuki yang menyatakan siap membantu Pemko Bukittinggi membangun kembali Pasar Bawah Bukitittinggi. “Kami diminta membawa Pak Wali Kota Bukittingi bertemu Pak Menteri PUPR untuk membahas pembangunan kembali Pasar Bawah ini. Mencarikan solusi agar pedagang kembali bisa berjualan seperti biasa, atau lebih baik,” kata Andre Rosiade.

Dari diskusi itu, kata Andre, terungkap saat ini dengan keterbatasan dana akibat refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19, usulan pembangunan pasar yang banyak di seluruh Indonesia, terpaksa diantre satu-satu. Termasuk dua usulan pembangunan pasar di Sumbar yaitu Kota Padang dan Bukitinggi.

  • Bagikan