Padang Panjang Bertekad Berikan Inovasi Terbaik untuk Bhumandala Award

  • Bagikan

HALOPADANG.ID – Pemerintah Kota ikut berpartisipasi dalam ajang Bhumandala Award 2021. Penghargaan terkait Inovasi Pemanfatan Data Geospasial (BIG) yang dilaksanakan leh Badan Informasi Geospasial.

Dua inovasi yang didaftarkan adalah Dataru Berdigit (Data Tata Ruang Berdigitalisasi), inovasi dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dragone (Digital Rendering Aplication for Geospasial on Drone), inovasi Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) terkait data GIS PBB P2 menggunakan drone.

Kepala Bappeda, Rusdianto, SIP, MM kepada Kominfo, Rabu (1/9) menyebutkan, penghargaan ini merupakan apresiasi dan penghargaan dari BIG bagi pemerintah daerah yang telah berhasil mengembangkan dan menerapkan inovasi pemanfaatan informasi geospasial.

“Untuk saat ini Kota Padang Panjang sudah melangkapi bahan dari semua indikator penilaian. Tinggal video yang akan dikirim dan saat ini tengah dalam pembuatan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, Sistem Informasi Geografis (SIG) atau Geographical Information System (GIS) merupakan sistem informasi khusus yang mengolah data yang mempunyai informasi spasial (bereferensi ke ruangan).

Dengan pengertian lain, sistem informasi geografis merupakan sistem komputer yang memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis. Seperti data diidentifikasi berdasarkan lokasinya di dalam database. GIS bisa dikembangkan berbasis desktop ataupun berbasis web (online) yang memudahkan pengguna untuk mengakses data.

Bagi pemerintah daerah, SIG merupakan alat bantu yang sangat bermanfaat dalam pengambilan keputusan secara lebih efektif dan efisien. Lantaran analisa komprehensif bisa dilakukan melalui overlay beberapa peta. Pengembangan GIS sejalan dengan perencanaan pembangunan nasional yang dilaksanakan melalui pendekatan THIS (Tematik, Holistik, Integratif dan Spasial).

  • Bagikan