Tekan BOR di Padang, Bantuan Oksigen Konsentrator dari Panglima TNI Didistribusikan ke Daerah

HALOPADANG.ID – Bantuan 50 unit oksigen konsentrator dari Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mulai didistribusikan kepada rumah sakit (RS) di kabupaten/kota.

Dengan adanya bantuan 50 unit oksigen konsentrator ini, maka diharapkan penanganan pasien Covid-19 di RS kabupaten kota lebih baik. Sehingga tidak terlalu banyak memberikan rujukan ke RS di Padang.

“Dengan pendistribusian oksigen konsentrator diharapkan daerah lebih mampu menangani pasien. Tidak semua dirujuk ke Padang sehingga BOR di Padang bisa ditekan,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat menerima secara resmi bantuan Panglima TNI melalui Pangdam I Bukit Barisan (BB), Rabu (11/8).

Mahyeldi Ansharullah mengatakan, salah satu indikator Padang masih menjalani PPKM Level 4 adalah, tingkat keterisian tempat tidur (BOR) RS yang masih tinggi. Namun hal itu terjadi karena RS di Kota Padang ini tidak hanya melayani pasien dari Padang. Tetapi dari kabupaten/kota bahkan provinsi tetangga. Sehingga, BOR untuk pasien Covid-19 di Kota Padang tinggi.

Baca Juga :  Daftar Tunggu Haji di Kabupaten Agam Berlangsung Hingga 18 Tahun

Dengan adanya pemerataan peralatan sampai RS di daerah diharapkan BOR RS di Padang menurun dan level PPKM bisa diturunkan setelah batas waktu 16 Agustus 2021 selesai. Sehingga sektor perekonomian kembali bisa bergerak.

Saat ini satu-satunya daerah yang masih menerapkan PPKM Level 4 di Sumbar hanya Kota Padang. Jumlah itu menurun dari awal penerapan kebijakan itu yaitu tiga kota. (HP-001)