Sapi Kurban Andre Rosiade Dipotong di Mushalla Baitul Huda Kuranji

  • Bagikan
Para ibu tengah memasak Sapi Kurban Andre Rosiade yang dipotong di Mushalla Baitul Huda Kuranji

HALOPADANG.ID – Seekor sapi yang diantarkan tim Andre Rosiade ke Mushalla Baitul Huda, Pasa Lalang, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang sangat berarti bagi warga sekitar. Pasalnya, dua hari sebelum Idul Adha belum ada tanda-tanda akan ada sapi atau kambing kurban di mushalla itu.

“Alhamdulillah, satu ekor sapi diantarkan tim pak Andre Rosiade ke mushalla dan kami bersiap-siap melaksanakan pemotongan hewan kurban. Karena kami tidak membentuk panitia kurban seperti tahun-tahun sebelumnya. Siapa yang mau berkurban saja,” kata Jalaluddin pengurus mushalla sekaligus imam, Kamis (22/7) di sela-sela pemotongan hewan kurban.

Di mushalla itu dan 4 mushalla serta 1 masjid lainnya di sekitar Pasa Lalang, Idul Adha memang baru dirayakan Kamis, dua hari setelah keputusan resmi Kementerian Agama (Kemenag) RI. Jamaah adalah penganut tarikat Syatariah yang menyamakan jadwal mereka dengan maniliak (melihat) bulan di Ulakan, Padangpariaman.

“Kami memang di sini Syatariah mengikut ke Ulakan. Tempat orang pertama yang membawa agama Islam ke Sumbar, Syekh Burhanuddin berdakwah. Sekarang, di sana kami mendengarkan Kulifah (kalifah/pemimpin) Firmansyah,” kata Jalaluddin didampingi pengurus RW 7 Kelurahan Kuranji, Syamsibar dan pengurus mushalla lainnya.

Akhirnya, kata Jalaluddin, di mushallanya itu disembelih lima ekor sapi dan dua ekor kambing. “Malam harinya ada saja yang mengantar sapi-sapi kurban dan paginya ada pula yang menggiring dua ekor kambing ke mushalla. Alhamdulillah, banyak juga kurban kami,” kata Jalaluddin yang menyebut ada sekitar 50 kepala keluarga (KK) di sekitar mushalla.

  • Bagikan