Satu Dari 35 Sapi Kurban dari Presiden Disembelih di Masjid Raya Sumbar

HALOPADANG.ID — Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Gubernur Sumbar menyerahkan seekor dari 35 sapi kurban presiden yang ditebar di seluruh Indonesia. Sapi kurban tersebut diserahkan Gubernur Mahyeldi secara simbolis, Senin (19/7/2021) di Istana Gubernur di Padang.

Sapi berjenis simental berbobot 1,2 ton itu diterima oleh pengurus Masjid Raya Sumbar untuk dikurbankan pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi yang jatuh pada Selasa (20/7/2021), besok.

“Alhamdulillah bantuan Bapak Presiden sudah kita serahkan pada pengurus Masjid Raya Sumbar. Ini wujud perhatian Presiden pada Sumbar dan insyaallah daging kurban akan kita bagikan pada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Mahyeldi.

Baca Juga :  Dishub Kota Padang Sisir dan Bersihkan Terminal Bayangan di Lubuk Begalung

Menurut Kabiro Bina Sosial Pemprov Sumbar, Syaifullah, penyembelihan sapi kurban dari Presiden dan sapi dari Dinas Peternakan Sumbar akan dilaksanakan di Masjid Raya, Selasa (20/7/2021). Pengurus menurut Syaifullah akan menyiapkan sedikitnya 1.000 kantong daging.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Sumbar Erinaldi mengatakan, pemilihan sapi milik Presiden itu selain melihat aspek bobot, pertimbangan pemilihan sapi ini sudah melalui seleksi yang cukup ketat seperti pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan di Dinas Peternakan.

“Sapi ini berasal dari Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Sebelum dipilih, sapi ini telah melewati verifikasi dari tim, dan tim menilai sapi ini lebih unggul dibandingkan sapi dari daerah lain di Sumbar, sehingga terpilihlah sapi ini,” kata Erinaldi. (HP-003)