Setelah Disorot Anggota DPRD, Giliran Mendagri Tegur Sumbar Soal Penanganan Covid-19

  • Bagikan

HALOPADANG.ID — Setelah Disorot Anggota DPRD Sumbar soal penanganan Covid-19, Sumbar kini sudah jadi atensi pemerintah pusat. Daerah ini menjadi satu dari 19 daerah yang mendapat teguran Mendagri Tito Karnavian.

Menurut Mendagri Tito Karnavian yang dikutip Sindonews, daerah yang mendapat teguran itu dipicu penyerapan anggarannya dinilai buruk dalam penanganan pandemi Covid-19 dan insentif tenaga kesehatan (nakes).

Ke-19 daerah itu adalah Aceh, Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Barat.

Kemudian, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

“Hari Sabtu, kami sudah sampaikan surat teguran tertulis untuk 19 daerah. Surat teguran tertulis ini langkah yang mohon maaf cukup keras, karena jarang kami keluarkan. Kepada 19 provinsi dengan data-data yang kita miliki,” kata Tito dalam evaluasi pelaksanaan PPKM Darurat secara daring, Sabtu (17/7/2021).

Mantan Kapolri itu menyesalkan belum adanya perkembangan atas penyerapan anggaran yang baik dari 19 daerah itu, kendati punya anggaran yang sudah dialokasikan dalam APBD di daerah tersebut.

Walau begitu, menurut Tito, bisa saja kepala daerah memang tak mengetahui persoalan realisasi anggaran penanganan Covid-19. Sebab, terkadang Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) di daerah yang lebih memahami persoalan anggaran tersebut.

  • Bagikan