Genius Umar Terima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2020

HALOPADANG.ID – Walikota Pariaman, Genius Umar menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, yang diberikan langsung oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya, Selasa (15/6/2021)

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan untuk Kepala Daerah yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di setiap daerahnya.

Berdasarkan surat  Sekretariat  Jenderal KLHK Nomor S.686/SETJEN/DATIN/OTN.0/6/2021 tentang Acara Penganugerahan Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2020, disebutkan penerimaan penghargaan untuk tingkat provinsi, kabupaten dan kota disampaikan secara virtual dari gedung Manggala Wana Bhakti, Jakarta.

Dalam lampiran surat tersebut, Kota Pariaman menerima penghargaan Green Leadaership Nirwasita Tantra Kategori Kota Kecil, bersama dengan Kota Padang Panjang dan Kota Bontang.

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas

“Alhamdulillah, berdasarkan penilaiaan KLHK Kota Pariaman diberi penghargaan Nirwasita Tantra 2020, Penghargaan ini berkat kerja nyata kita bersama dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup di Kota Pariaman,” ujar Genius.

Lebih lanjut Walikota Pariaman ini juga menuturkan bahwa telah banyak membuat kebijakan yang pro lingkungan hidup, sehingga pembangunan infrastruktur harus tetap memperhatikan keberlangsungan lingkungan yang berkelanjutan, ulasnya.

“Kita menggunakan prinsip prinsip green, sehingga terjalinnya kelanjutan ekosistem lingkungan hidup dan memanfaatkan nya untuk kita jadikan destinasi eco tourism, seperti Pariaman Mangrove Park yang bersama dengan masyarakat dan komunitas terus merawatnya, dan juga penangkaran penyu, yang telah menjadi kunjungan wisatawan nasional dan  internasional, karena Kota Pariaman mempunyai visi sebagai kota wisata,” tukasnya.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

“Semoga kita bersama dapat terus menjaga dan memelihara lingkungan, sehingga Kota Pariaman dapat mempertahankan penghargaan ini untuk tahun-tahun selanjutnya, dan Kota Pariaman akan menjadi

Dalam arahanya Mentri LHK, Siti Nurbaya mengatakan agar Kepala Daerah mesti menjaga dan memelihara lingkungan hidup yang ada di daerah nya.

“Keberhasilan seorang kepala daerah antara lain ditopang oleh dua hal, yaitu programnya didukung oleh DPRD atau legislatif, dan implementasi programnya dilaksanakan oleh birokrasi yang baik,” ungkap Menteri LHK ini

“Dengan pemberian penghargaan tersebut, KLHK berharap akan terwujud pengelolaan lingkungan hidup yang semakin baik di daerah. Hal itu akan berdampak pada kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, ungkap Siti Nurbaya.

Baca Juga :  Meletus, Gunung Marapi Semburkan Abu Setingggi 1.500 Meter di Atas Puncak

“Melalui Penghargaan yang kita berikan ini, pemerintah mendorong wujudnya Green Leadership, dimana para Kepala Daerah, para wakil rakyatnya menjadi semakin peduli dengan lingkungan hidup dan ikut berperan dalam pembangunan di daerahnya sesuai dengan kewenangannya,” tutupnya. (HP-001)