Andre Rosiade Kawal Moratorium Pendirian Pabrik Semen

  • Bagikan

HALOPADANG.ID  – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade menyampaikan kegelisahan masyarakat mengenai keberadaan pabrik semen baru di Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Padahal menurutnya, sudah ada moratorium pembangunan pabrik semen. Andre tak ingin ada lagi pabrik-pabrik semen baru dibuka di Indonesia.”Informasi yang saya terima dari Serikat Pekerja Pabrik Semen Indonesia, ribuan buruh terancam terkena PHK karena Pak Menteri memberikan izin pembangunan pabrik semen baru di Kalimantan Timur. Padahal di Pulau Kalimantan itu sudah ada dua pabrik semen. Pertama, pabrik Indocement dan kedua, pabrik semen China,” kata Andre dalam keterangan tertulis, Senin (7/6/2021).

Dalam rapat kerja Komisi VI DPR RI dengan Menteri Investasi Bahlil Bahlil Lahadalia itu, Andre Rosiade pun menagih janji yang sempat disampaikan Bahlil saat rapat kerja dengan Komisi VI tahun lalu, bahwa tidak ada lagi izin pembangunan pabrik semen baru di Indonesia.

Baca Juga :  Wagub Sulap Ruang Kerjanya untuk Diisi Konten UMKM Sumbar

“Padahal kita tahu dari tahun lalu saat rapat dengan Menteri BUMN, Menteri Perindustrian dan bapak masih menjadi Kepala BKPM, sudah menjanjikan kepada kita semua di ruang rapat ini, tidak ada lagi izin pembangunan pabrik semen baru,” tandasnya.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumatra Barat itu mengatakan keberadaan pabrik semen baru akan langsung membuat produksi semen dalam negeri surplus. Kondisi tersebut dinilainya dapat mengancam keberadaan perusahaan semen lama di Indonesia.

  • Bagikan