Mutasi di Polda Sumbar, Seorang Kapolres Diganti

Ilustrasi proses sertijab

HALOPADANG.ID — Mutasi bergulir di Polda Sumbar. Sejumlah pejabat utama (PJU) hingga pamen dimutasi, termasuk satu Kapolres. Pergantian ini berdasarkan Surat Telegram Kapolri (ST) nomor ST/1129/VI/KEP./2021 tanggal 1 Juni 2021 yang ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

Kabid Humas Polda Sumbar KBP Satake Bayu Setianto mengakui hal tersebut. Ia menyebut, ini bagian dari penyegaran di tubuh personil polri dan bagian tour of duty dan tour of area.

“Pelantikan akan dilakukan paling lambat 14 hari setelah perintah tersebut dikeluarkan,”katanya.

Ada sejumlah Pamen Polda Sumbar yang dimutasi, diawali dari Kapolres. Kapolres yang dimutasi itu adalah Kapolres Dharmasraya dari AKBP Aditya Galayudha ke AKBP Anggun Cahyono. AKBP Aditya selanjutnya akan menjabat sebagai Kapolres Gunung Kidul Polda DIY. Lalu, AKBP Anggun Cahyono yang akan mengisi pos Kapolres Dharmasraya promosi dari Kakorsis SPN Polda Metro Jaya.

Yang menarik lainnya adalah kembalinya mantan Kapolres Dharmasraya ke Sumbar, yakni Kombes Pol Roedy Yulianto. Saat ini Roedy bertugas di Polda DIY sebagai Dirreskrimsus dan kembali ke Sumbar untuk mengemban tugas menjadi Dirresnarkoba menggantikan KBP Ade Rahmad Idnal. Rahmad sendiri dimutasi menjadi Dirreskrimum Polda Banten.

Roedy yang juga dikenal sebagai youtuber juggling sepakbola itu sebelum ke Yogya merupakan mengemban tugas sebagai Wadir Resnarkoba di Polda Sumbar. Ia juga pernah menjadi Kapolres Padang Pariaman.

Lalu, Dirsamapta Polda Sumbar berganti dari Kombes Pol Tafianto Eko Atmojo ke AKBP Achmadi. Bagi Achmadi, ini merupakan bagian dari promosi dari job sebelumnya menjabat Wadirsamapta Polda Banten. Sementara Kombes Pol Tafianto dimutasi menjadi Dirsamapta Polda Kepri.

Kemudian Dirpamobvit Polda Sumbar Kombes Pol Agus Krisdiyanto, diangkat dalam jabatan barunya sebagai Dirlantas Polda Maluku. Posisinya akan digantikan AKBP Ardian Indra Nurinta yang sebelumnya menjabat Wadirreskrimum Polda Lampung.

Juga ada job Wadir Pamobvit AKBP Kuswoto kepada AKBP Yessi Kurniati. Kuswoto yang pernah menjadi Kapolres Payakumbuh itu digeser dimutasi ke Slog Polri dengan jabatan Kabag Jemen PB/J Roada B/. AKBP Yessi Kurniati sendiri sebelumnya menjabat Wakapolresta Bandara Soekarno Hatta. Lalu, Dalam ST tersebut, juga terdapat beberapa Pamen (Perwira Menengah) yang dimutasi. (HP-001)