Ratusan Kendaraan Diputarbalik Sepanjang Waktu Sekat Tambahan

HALOPADANG.ID — Proses lanjutan penyekatan perbatasan yang berakhir pada Senin, 31 Mei 2021 membuat ratusan kendaraan diputarbalik oleh petugas yang menjaga di 10 pos perbatasan dengan provinsi tetangga.

Menurut Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu mengatakan, penjagaan lanjutan Pos Penyekatan di perbatasan Sumbar memang telah berakhir pada Senin (31/5/2021) kemarin.

Sebelumnya, Polda Sumbar kembali memperpanjang penjagaan di Pos Perbatasan dari 25 hingga 31 Mei 2021. Selama sepekan tersebut, petugas masih memaksa ratusan kendaraan untuk putar balik. Kendati demikian ada juga pemudik yang dipersilakan masuk karena memiliki dokumen lengkap.

“Selama penjagaan lanjutan, kami telah melakukan putar balik terhadap 245 kendaraan,” katanya di Padang, Selasa (1/6/2021).

Ia menyebutkan, jumlah Pos Penyekatan sama sejak awal penyekatan diberlakukan. “Jumlahnya ada 10 pos, dengan personel gabungan dari Polri, TNI dan instansi terkait lainnya,” kata dia.

Ia menyebutkan, penyekatan dilakukan karena masih tingginya angka terkonfirmasi Covid-19 khususnya di Sumbar.

“Jadi kita tidak ingin masyarakat tertular maupun menularkan virus. Ini untuk kebaikan kita bersama,” ujarnya.

Ia mengimbau, agar masyarakat tetap selalu mentaati protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer. (HP-001)