Nurnas Bantu Hand Traktor untuk Kelompok Tani Batang Anai dan Lubuk Alung

HALOPADANG.ID – Respon cepat anggota DPRD Sumbar dari fraksi Demokrat HM. Nurnas terhadap aspirasi daerah pemilihannya, perlu diacungkan jempol.

Pasalnya, setelah sebelumnya menyalurkan bantuan puluhan Betor, kini kembali Nurnas menyalurkan aspirasi masyarakat berupa untuk 37 kelompok tani, yang berasal dari dua kecamatan dan 11 Nagari, yakni 8 Batang Anai dan 3 Lubuk Alung, berupa hand traktor atau mesin pembajak sawah, yang penyerahannya di Dusun Pilubang, kenagarian Ketaping, kecamatan Batang Anai, kabupaten Padang Pariaman.

Selain menyerahkan hand traktor, HM. Nurnas juga meyerahkan 115 Unit alat semprot rumput oto Matos untuk kelompok tani dan wanita tani daerah tersebut.

Kalau saat ini yang sudah diberikan berupa mesin bajak dan penyemprot hama, dihari berikutnya akan diserahkan kembali akat perontok gabah, jagung dan pemotong rumput, saat ini masih dalam perjalan.

Baca Juga :  Andre Rosiade Resmikan Penggunaan BTS di Kamang Bakti Sijunjung

“Khusus untuk Nagari Ketaping berdasarkan aspirasi yang masuk kepada saya, Alhamdulillah semua sudah terpenuhi, tinggal kini menyikapi keluhan masyarakat masalah irigasi, yang gak pernah tuntas dari awal pembangunan sampai saat ini, khususnya di daerah daerah Kampung Baru Teluk Mundam,” ulas Nurnas saat menyerahkan bantuan Selasa (25/5/2021).

Nurnas juga mengingat pada Balai sungai provinsi dan kabupaten bahwasanya, irigasi Anai 1 dan 2, dari mulai dibangun sampai kini masih banyak yang rusak, dan adanya pengerukan sendimen, bahkan ada yang putus diantaranya Kuliek.

“Visi-misi gubernur Sumbar melalui RPJMD mengatakan akan meningkatkan hasil pertanian, pangan dan nelayan, maka salah satu-nya adalah perbaikan pengairan,” tegasnya.

Ia juga Memberi aspirasi pada dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, karena sangat cepat merespon usulan masuk dalam realisasi anggaran.

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas

“Kecepatan dalam realisasi anggaran dari dinas tersebut perlu diapresiasi dan perlu dicontoh dinas lainnya, sehingga realisasi tidak menunggu lama,” tegas Nurnas Lagi.

Berkaitan dengan penyerahan bantuan aspirasi masyarakat melalu HM. Nurnas, mewakili dinas pertanian provinsi Sumbar Syaiful Efendi, mengatakan bangga dan salut pada anggita DPRD Sumbar ini, karena memang betul-betul mengawal dan menjaga aspirasi atau keinginan masyarakat sampai tuntas.

“Saya salut melihat pak Nurnas yang tidak mau kendor sedikit juga dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, khususnya petani di daerah ini, sehingga dari banyak anggota DPRD Sunbar, hanya pak Nurnas yang hampir seluruh aspirasinya terealisasi dengan cepat,” ulasnya.

Selain mewakili Dinas Provinsi, wali Nagari Ketaping Alwis Jaya, mewakil 11 wali Nagari mengatakan, dari sejak HM. Nurnas menjadi anggota DPRD Sumbar, tidak pernah lalai untuk berjuang di daerah pemilihannya, khususnya di kecamatan Batang Anai, Nagari Ketaping.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

“Pak Nurnas ini tokoh kami yang perlu dicontoh dan diharapkan bisa tetap bertahan di DPRD Sumbar, karena dari awal sudah nampak perjuangannya untuk kami masyarakat,” ulas Alwis Jaya, wali Nagari yang tergolong Milenial.

Penyerahan aspirasi masyarakat yang dilakukan di posko atau tepatnya rumah aspirasi Nurnas, berlangsung dengan mempergunakan protokol kesehatan, karena kondisi pandemi masih berada pada level yang membahayakan.

Ia juga berpesan agar semua bantuan alsintan, mesin kapal dan lainnya agar tetap dirawat, sehingga bisa dipergunakan dalam jangka panjang. (HP-002)