Seleksi Calon Sekda Sumbar Diminta Untuk Tetap Terbuka hingga Tuntas

  • Bagikan

HALOPADANG.ID – Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Nofal Wiska memberikan acubgan jempol atas terbuka informasinya Panitia Seleksi (Pansel) Calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar.

“Salut dan sangat terbuka, terima kasih pak Hamdani selaku Ketua Pansel yang membuka pengumuman sehingga mudah diakses publik, ” ujar Nofal Wiska, Senin (24/5/21) di Padang.

Nofal Wiska berharap semangat keterbukaan informasi publik atas seleksi Calon SekdaProv tidak berhenti dengan pengumuman saja, namun harus tuntas sampai akhir.

Meski begitu Nofal tetap mengingatkan panitia perihal informasi peserta seleksi yang dikecualikan sesuai dengan regulasi yang ada berdasarkan UU 14 Tahun 2008.

“Dan regulasi juga memberikan beberapa informasi publik dikecualikan atas proses seleksi tersebut, seperti nilai atau rekam medis calon itu mesti dihitamkan dalam penyajian publish nya ke publik,” jelasnya

Baca Juga :  Gantikan Parizal Hafni, Maryanto Pimpin DPC Gerindra Pasaman Barat

Komisi Informasi Sumbar menilai jabatan SekdaProv adalah posisi strategis bagi penguatan keterbukaan informasi publik pada badan publik di lingkungan Pemprov Sumbar sehingga harus memilih orang yang sangat paham dan mengerti dengan keterbukaan informasi.

“Kemendagri No 3 tahun 2017 menegaskan SekdaProv adalah Atasan Pejabatan Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama. Apalagi Gubernur Sumbar Buya Mahteldi menargetkan 2021 kembalikan prediket Informatif Sumbar kembali,” tegas Nofal.

Pada situs sumbarprov.go.id, Pemerintah Provinsi Sumbar mengumumkan membuka pendaftaran seleksi calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) mulai 24 Mei hingga 31 Mei 2021.

  • Bagikan