Positivity Rate Covid di Sumbar Capai 30 Persen. Jasman: Berbahaya

  • Bagikan
Potongan gambar video pemakaman protokol Covid-19 di Kecamatan Jambangan Surabaya, Rabu (24/6/2020).

HALOPADANG.ID — Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Sumbar Jasman menyebutkan angka positivity rate (PR) Sumbar terkait Covid berada di angka 30,3 persen dan tertinggi semenjak Covid-19 berada di Sumbar, Senin (10/5/2021).

“PR nya sangat tinggi dan jauh di atas standar WHO. Ini tercatat sebagai PR harian tertinggi yang pernah terjadi di Sumbar selama masa pandemi,” ungkap Jasman.

Menurutnya, sebanyak 541 sample diperiksa kemarin dan hasilnya hari ini adalah terkonfirmasi sebanyak 164 orang terinfeksi Covid-19 (positif baru).

“Itu tinggi sekali dan terasa kian mengkhawatirkan sehingga bisa tergolong pada kondisi yang kian berbahaya. Diharapkan Satgas Covid-19 Kabupaten dan Kota sampai ke Satgas Covid-19 tingkat Jorong, Dusun, RW dan RT kiranya segera melakukan berbagai upaya yang dianggap penting dan perlu sesuai kearifan lokal masing-masing. Ayo, kita semua saling jaga untuk memutus mata rantai perkembangan covid-19 di daerahnya masing-masing,” ungkap Jasman.

Baca Juga :  Andre Rosiade Fasilitasi Pemulangan Pria Viral Tidur di Trotoar ke Padang

Kata Jasman sejak pertengahan April 2021, pertumbuhan dan pertambahan warga Sumbar positif terinfeksi covid-19 sudah didominasi di daerah pelosok/perkampungan. Kemungkinan, ini dipicu kedatangan warga luar Sumbar yang curi start sebelum larangan mudik diberlakukan. Mereka cenderung memberlakukan protokol kesehatan sesuai aturan yang ada

“Sampai di tujuan atau kampungnya, mereka yang tampaknya OTG (Orang Tanpa Gejala) langsung berinteraksi dengan keluarga dan masyarakatnya. Akibatnya, bisa dibayangkan. Mereka yang di kampung yang tak terjamah oleh virus, kini malah terinfeksi. Ayo jaga diri dan keluarga kita,”imbaunya. (HP-003)

  • Bagikan