Sandiaga Minta Andre Rosiade Bantu Percepatan Pembangunan Pariwisata Sawahlunto

  • Bagikan

HALOPADANG.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno meminta anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade untuk membantu percepatan peningkatan kualitas pelayanan pariwisata di Kota Sawahlunto. Jaringan Andre di pusat menjadi harapan untuk menyelesaikan sejumlah bengkalai usaha pariwisata di kota penuh pesona itu.

“Dapil Sumbar 1 punya ‘duta besar’ di Jakarta, anggota DPR RI kebanggaan kita Andre Rosiade. Pak Andre bisa berkoordinasi dengan BUMN-BUMN karena berada di Komisi VI untuk menyelesaikan masalah-masalah di Sawahlunto ini,” kata Sandiaga Uno, Kamis (22/04/2021) malam saat berkunjung bersama Andre Rosiade ke Sawahlunto dan disambut Wali Kota Sawahlunto Deri Asta.

Sandiaga Uno meminta Andre Rosiade agar meminta dukungan penuh PT Bukit Asam (PT BA) dalam pengelolaan pariwisata Sawahlunto. Bahkan, sejumlah proposal sudah langsung disampaikan oleh Wako Deri Asta untuk dikoordinasikan dan disinergikan di Jakarta.

“Saya titip langsung dengan Pak Andre Rosiade untuk Kementerian BUMN, karena beliau di Komisi VI. Tentunya Agar PT BA mendukung secara penuh Kota Sawahlunto bertransformasi dari kota tambang menjadi kota pariwisata sejarah dan budaya,” kata Sandiaga diamini langsung oleh Andre Rosiade yang berdiri di sebelahnya.

Meski berkunjung tak lama, Sandi sudah memiliki catatan khusus untuk pariwisata di Sawahlunto. “Catatan yang kami buat, sejumlah ruas jalan yang masih sempit dan banyak berlubang. Mungkin menyulitkan mobilisasi masyarakat ke sini. Apalagi nanti setelah pandemic Covid-19 ini selesai,” kata mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Khusus untuk jalan, kata Sandi, Wali Kota diminta bersinergi dengan Andre Rosiade yang dalam waktu dekat akan memboyong sejumlah Bupati dan Wali Kota se-Sumbar bertemu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono. “Mohon disinergikan pak Andre dengan Kementerian PUPR. Pak Wali Kota juga bisa ikut dalam koordinasi dan meminta penekanan khusus untuk jalan di sini,” katanya.

Selain itu, sebut Sandi, dia juga masih belum mendapatkan jaringan seluler yang maksimal di kota itu. “Untuk jaringan seluler di luar kota masih susah dan akan saya kasih masukan ke Kemenkominfo untuk membantu. Apalagi banyak spot-spot yang instagramable yang bisa dibuat konten-konten menarik,” kata Sandi yang mengunjungi Museum Goedang Ransoem, Info Box dan Lubang Tambang Mbah Soero.

  • Bagikan