Hebat, Aset KPN Kopertis Wilayah X Capai Rp5 Miliar

  • Bagikan
Prof Herri diwawancarai wartawan

HALOPADANG.ID — Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X, Prof Dr Herri, MBA, melantik Pengurus dan Badan Pengawas Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kopertis Wilayah X periode 2021-2024, Rabu (7/4). Pelaksanaan pelantikan ini berlangsung di aula kantor LLDIKTI Wilayah X, Jl Khatib Sulaiman, Padang.

Dalam sambutannya, Prof Heri yang juga Ketua Dewan Pembina Koperasi mengatakan bahwa pergantian pengurus dalam sebuah koperasi adalah sesuatu hal yang lumrah, karena di aturannya ada periode dalam setiap kepengurusan.

“Selamat kepada pengurus koperasi yang baru. Karena ini adalah kerja sosial, maka wakafkan waktu dan pikiran bapak ibu,” ujar Herri, sambil menekankan bahwa dalam setiap pekerjaan itu akan selalu ada umpat dan puji.

Koperasi KPN Kopertis Wilayah X yang didirikan 29 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1992 ini, sekarang anggotanya berjumlah 485 yang merupakan pimpinan, dosen, staf dan karyawan LLDIKTI Wilayah X, yang meliputi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau (Kepri), serta saat ini memiliki asset sekitar Rp5 miliar.

Dengan potensi yang besar tersebut, Prof Herri menekankan koperasi harus diurus secara profesional. “Semua tahu di LLDIKTI itu orang-orang hebat dan intelektual semua. Jadi mengelola koperasi harus dilakukan secara profesional. Ini tantangan bagi kita,” imbuhnya.

Koperasi yang baik itu, sebutnya, harus mempunyai tata kelola yang bagus, transparan, akuntabel, jujur dan berkeadilan. Semua itu, menurut Prof Herri akan menjauhkan pengurus dari KKN, dan anggota pun merasa ada manfaatnya masuk koperasi.

Lebih lanjut Prof Herri berpesan kepada pengurus koperasi yang baru agar membuat standar atau indikator-indikator keberhasilan. Kemudian membuat program-program kerja yang terukur dengan memperluas bidang usaha, bukan saja simpan pinjam.

Disebutkan Prof Herri, misalnya Rapat Anggota Tahunan (RAT) wajib di awal tahun, yakni di bulan Januari. Sisa Hasil Usaha (SHU) tidak selalu harus besar, tapi anggota bisa merasakannya. Dan kemudian tingkat bunga disesuaikan, secara proporsional.

Sekretaris LLDIKTI Wilayah X Yandri A, SH, MH, yang juga anggota Dewan Pembina, dan ikut hadir di acara tersebut pun berharap agar pengurus dan badan pengawas yang dilantik bisa bekerja lebih baik lagi dari sebelumnya, sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan.

  • Bagikan