Distribusi 1,1 Juta Dosis vaksin AstraZeneca Ditunda

Ilustrasi Vaksin

HALOPADANG.ID – Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca ditunda pendistribusiannya usai muncul laporan kasus pembekuan darah di Eropa. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyebut ada 15 negara yang melakukan penangguhan vaksin AstraZeneca.

Sebagai langkah kehati-hatian, BPOM RI ikut menunda penggunaan vaksin AstraZeneca selama hasil investigasi kasus pembekuan darah belum terungkap. Meski begitu, dipastikan batch vaksin AstraZeneca yang diterima Indonesia berbeda dengan batch yang diduga memicu pembekuan darah pasca divaksin.

“Walaupun vaksin COVID-19 AstraZeneca telah mendapatkan Emergency Use Listing (EUL) dari WHO untuk vaksinasi COVID-19, Badan POM tetap melakukan pengkajian lengkap aspek khasiat dan keamanan bersama Komite Nasional Penilai Obat (KOMNAS PO) serta melakukan kajian aspek mutu yang komprehensif,” sebut BPOM yang dirilis detikcom Rabu (17/3/2021).

Lebih lanjut, BPOM menjelaskan hasil uji klinis pada lebih dari 20 ribu relawan di Inggris, Brasil, Afrika Selatan terkait vaksin AstraZeneca, tak didapatkan efek samping serius. Laporan efek samping yang tercatat hanya reaksi lokal saja.

“Secara umum manfaat vaksin COVID-19 AstraZeneca lebih besar dari risikonya,” tegas BPOM.

Hingga kini, BPOM masih terus mengkaji laporan kasus pembekuan darah yang terjadi di Austria. Selama pengkajian masih terus berlangsung, vaksin AstraZeneca tak bisa digunakan.

“Selama masih dalam proses kajian, vaksin Covid-19 AstraZeneca direkomendasikan tidak digunakan,” pungkasnya.(REL/HP-001)