Setelah Sekitar Mentawai, Gempa 5.0 SR Kembali Landa Perairan Sumatera

  • Bagikan

HALOPADANG.ID — Aktivitas lempeng di Perairan Sumatera kembali menghasilkan gempa dengan kekuatan yang cukup besar. BMKG mencatat, gempa di perairan Sumatera itu bermagnitudo 5.0 SR pada Selasa (1/12/2020) pukul 00.14 WIB yang berpusat di sekitar 66 km baratlaut Sinabang pada kedalaman 26 km.

Pada November 2020 silam, perairan Sumatera juga sempat dilanda gempa dan terasa di sekitar Kota Padang dan beberapa daerah lainnya di Sumatera Barat.  Sama halnya dengan gempa tersebut, gempa yang terjadi Selasa dinihari ini, belum ada laporan kerusakan yang terjadi di wilayah Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingtankan gempa tersebut tidak berotensi tsunami. Pusat gempa yang terjadi pada pukul 00:14 WIB itu berada di laut pada koordinat 2.97 LU dan 96.04 BT itu tidak potensi tsunami namun gempa susulan masih mungkin terjadi.

Baca Juga :  Wagub Ingatkan Perangkat Pemerintahan Paling Bawah Soal Covid-19

Gempa bumi kerap terjadi di Indonesia karena negara kepulauan terbesar di dunia ini terletak di jalur Cincin Api Pasifik. Selama tahun 2019 silam, BMKG mencatat setidaknya terjadi 11.573 kali aktivitas gempa bumi di Indonesia dalam berbagai magnitudo dan kedalaman. (HP-003)

  • Bagikan