Kasus Corona Bertambah di Tanah Datar, Pol PP Tingkatkan Patroli

  • Bagikan
patroli
Satpol PP Tanah Datar melakukan patroli

HALOPADANG.ID–Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Tanah Datar kembali bertambah, hal ini membuat Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) meningkatkan patroli untuk penertiban dan edukasi untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Patroli itu dimulai pada Selasa (25/8) bertujuan untuk memberikan edukasi dan melakukan pembubaran masyarakat yang masih berkerumun di luar rumah pada malam hari tanpa kepentingan yang jelas dan tidak mematuhi protokol kesehatan covid-19 dengan tidak memakai masker.

“Tim mendatangi tempat-tempat keramaian yang masih banyak masyarakat yang berkumpul-kumpul dan tidak menggunakan masker seperti di tempat umum dan kedai-kedai. Mendapati kondisi seperti ini tim langsung membubarkan dan memberikan pengarahan agar hal ini tidak diulang lagi, serta meminta dengan segera kepada masyarakat yang masih berada di luar untuk segera pulang ke rumah masing-masing. Kita juga didukung dari Kodim 0307 Tanah Datar,” kata Kasat Pol PP dan Damkar Tanah Datar Yusnen.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Kota Pariaman Angkat Bicara Soal Anak di Masa Pandemi

Ia menjelaskan, kegiatan patroli rutin dilakukan oleh tim patroli setiap hari dengan tujuan untuk mengedukasi masyarakat serta memberikan peringatan kepada masyarakat yang masih melanggar protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah.

“Malam ini kami lakukan patroli di tempat umum dan kedai-kedai dengan harapan masyarakat kita mau mematuhi aturan sesuai protokol kesehatan, selain itu juga untuk memutus rantai penyebaran wabah Covid-19, apabila melakukan aktivitas di luar rumah agar masyarakat menggunakan masker,” ujarnya.

Yusnen tambahkan, untuk penindakan dan pemberian sanksi kepada masyarakat yang melanggar saat ini masih dilakukan peneguran, ke depannya kita akan lakukan penindakan tegas sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) yang saat ini sedang dibahas badan perumus bersama DPRD Tanah Datar.

Baca Juga :  Kabiddokkes: Masyarakat Darimana Saja Bisa Diberikan Vaksin Covid-19

Disampaikan juga, mengingat keterbatasan personil dan luasnya wilayah Tanah Datar, Yusnen meminta kesadaran, kerjasama dan tanggung jawab bersama untuk melindungi diri, keluarga dan lingkungan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu Kabid Trantibum Syaiful tambahkan, kegiatan patroli dan penertiban rutin dilakukan di tempat-tempat keramaian, setiap hari dilakukan seperti di pasar-pasar, tempat wisata, kedai-kedai dan rumah makan/restoran.

“Personil Pol PP rutin lakukan patroli untuk melakukan edukasi kepada masyarakat waspada penyebaran Covid-19, tidak hanya siang hari pada malam hari juga dilakukan, siang dilaksanakan di tempat wisata, pasar nagari dan malam hari di taman-taman tempat duduk seperti sekitar lapangan Cinduamato dan taman Pagaruyung. (E-01)

  • Bagikan